KEBIDANAN

Deskripsi Program Studi

Program Studi Kebidanan adalah institusi pendidikan kebidanan pertama yang menyelenggarakan program sarjana dan profesi kebidanan di Indonesia, berdiri pada tahun 2008. Program Kebidanan terakreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) pada tahun 2018 dengan nilai sangat baik (A) untuk sarjana dan profesi. Kebidanan UNAIR mendapatkan sertifikasi AUN (ASEAN University Network) pada tahun 2018 dan sertifikasi ASIIN pada tahun 2020. Selain itu, Kebidanan UNAIR sebagai Center of Excellence (CoE) oleh UNFPA, Kementrian Kesehatan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Asosiasi Instansi Pendidikan Kebidanan (AIPKIND) pada tahun 2019-2022.

Visi

Menjadi Program Studi Kebidanan yang terkemuka di tingkat nasional dan internasional,  serta menghasilkan lulusan yang profesional, mandiri, inovatif dan menjadi pelopor pengembangan ilmu kebidanan khususnya asuhan kebidanan inovatif, berjiwa entrepreneurship serta humaniora berdasarkan moral agama.

Misi

1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kebidanan dengan keunggulan inovatif serta pengembangan keilmuan kebidanan berdasarkan nilai kebangsaan juga moral agama.

 

2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan inovatif dalam ilmu dan pelayanan kebidanan serta penelitian kebiajakan kesehatan untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

 

3. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) kebidanan melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan moral, nilai humanisme, dan jiwa entrepreneur serta menjadi pelopor pengembangan keilmuan kebidanan dalam menyelesaikan masalah kesehatan ibu dan anak di masyarakat.

 

4. Menyelenggarakan tata kelola program studi secara mandiri dengan baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Gelar Lulusan

Sarjana Kebidanan (S.Keb)

Bidan (Bd.)

Pelaksanaan Program

Purnawaktu

Pelaksanaan Perkuliahan

Di Dalam Kampus

Periode Penerimaan

Bulan Juli setiap Tahun

Masa Studi

Program Sarjana : Reguler terdiri dari 7 semester dan Alih Jenis 3 semester.

Program Profesi : 3 semester

Akreditasi

Nasional               : Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes)

Internasional       : Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences Mathematics (ASIIN)

Sertifikasi             : ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA)