SUBSPESIALIS BEDAH DIGESTIF

Deskripsi Program Studi

Selamat datang di program studi Subspesialis Bedah Digestif, tempat di mana pengetahuan dan keterampilan unggulan dalam bidang bedah saluran pencernaan ditemukan. Bersama-sama, kita akan menjelajahi tantangan dan peluang yang menghampiri kita dalam upaya memberikan perawatan kesehatan yang berkualitas tinggi kepada pasien. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan tindakan dan diagnosa dalam pembedahan untuk gangguan pencernaan dan juga banyak jenis operasi yang tidak dapat dilakukan oleh dokter bedah umum, maka di Indonesia terbentuk cabang subspesialisasi operasi untuk gangguan pencernaan sejak tahun 1979 yang dilakukan oleh Asosiasi Bedah Pencernaan Indonesia (IKABDI).

 

Ahli bedah digestif adalah seorang ahli bedah yang, setelah mendapatkan pendidikan dan pelatihan tambahan, memperoleh pengetahuan dan keterampilan di bidang pembedahan untuk gangguan pencernaan agar bisa mengkomersilkan pencegahan, terapi dan pemulihan kesehatan penderita kelainan atau kelainan sistem pembedahan digestif ( Katalog Pendidikan Bedah Pencernaan).

Visi

Visi Program Studi Subspesialis  Bedah Digestif adalah menjadi pusat Pendidikan Dokter Spesialis II Bedah Digestif Indonesia yang bermartabat, komnpetitif, unggul di tingkat Nasional dan Internasional berbasis riset dan teknologi terkini pada tahun 2025 dalam menunjang proses pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyrakat atau pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. 

Misi

1.) Meningkatakan kualitas dan kuantitas penelitian dasar, terapan, dan kebijakan yang inovatif dan diakui secara Nasional dan Internasional untuk menunjang Pendidikan, Pengabdian dan Pelayanan kepada masyarakat.

2.) Menghasilkan lulusan yang kompeten serta menjunjung tingggi moral dan etik.

3.) Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni kepada Masyarakat yang berwawasan Kesehatan Nasional dan Internasional.

4.) Mengembangkan kelembagaan yang berbasis system tata Kelola dan manajemen terkini.

5.) Melaksanakan Pendidikan dokter spesialis bedah konsultan digestif dengan senantiasa memperhatikan dan menyesuaikan program pemerintah Indonesia dalam hal pelayanan kesehatan serta perkembangan keilmuan.

Tujuan

Lulusan Program Pendidikan Dokter Subspesialis Bedah Digestif Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya diharapkan untuk memiliki profil sebagai:

1.) Professional

Lulusan Program Pendidikan Dokter Subspesialis Bedah Digestif yang mampu memberikan pelayanan kesehatan subspesialistis secara professional dan paripurna (promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif)

2.) Educational leader

Secara konsisten dapat senantiasa berinisiatif untuk mengamalkan ilmu kedokteran subspesialistiknya di bidang Ilmu Bedah Digestif kepada peserta didik, tenaga kesehatan dan masyarakat secara optimal di bidang pendidikan dan pelatihan

3.) Researcher dan innovator

Memiliki jiwa peneliti, selalu berupaya meningkatkan kemampuan, keterampilan dan mengembangkan hal-hal yang baru dalam menjalankan tugas profesionalnya secara mandiri

4.) Manager

Peserta didik dapat berperan sebagai perencana, organisator, koordinator, dan melakukan evaluasi untuk mencapai tujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia baik secara personal maupun massal (publik).

Gelar Lulusan

Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif / SpB. Subsp.BD(K)

Pelaksanaan Program

Purnawaktu

Pelaksanaan Perkuliahan

Di dalam kampus, RSUD Dr. Soetomo, serta rumah sakit jejaring lainnya

Periode Penerimaan

Dua kali setahun, setiap Juli dan Februari

Masa Studi

2 tahun (4 semester)

Akreditasi

Nasional          : Kolegium dan dalam proses LAM PT-Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia).