Januari 12, 2022

Kuliah Tamu Profesor dari Manchester

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengadakan kuliah pakar dari luar negeri, Selasa (11/1). Kali pakar yang dihadirkan adalah Prof. Delvac Oceandy, MD. Ph.D. Kuliah digelar melalui zoom meeting dan diikuti oleh mahasiswa S1 hingga S3.

Dalam Kuliah Tamunya, Prof Delvac memaparkan membedah tentang perkembangan terkini pada ilmu biomedik. Terlebih adalah mengenai terapi genetik RNA. Ia menyebutkan, terapi ini belum banyak dipakai di dunia medis. Padahal sebenarnya, potensinya bagus sekali.

Salah satunya yang telah terlaksana adalah penggunaan vaksin messenger RNA yang menjadi langkah pembuka pemberian vaksin COVID-19 di dunia saat ini. Dan sekali dipakai langsung dipakai ratusan juta orang.

“Ini membuka mata semua orang termasuk sebagian besar scientist bahwa teknologi Messenger RNA ini bisa jadi suatu terapi yang sangat potensial di masa depan,” terangnya.

Ke depan, pemanfaatan RNA bisa dikembangkan lebih luas. Sehingga terapi menggunakan material genetik DNA saja seperti yang populer saat ini. Terapi RNA sangat mungkin bisa dikembangkan untuk penanganan berbagai penyakit salah satunya untuk pasien dengan penyakit jantung. (ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *