Agustus 11, 2022

Belajar bersama SD Bendungan jati

Pada Jumat, 29 Juli 2022, sebanyak 250 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga angkatan 2020 melakukan penyuluhan kepada 79 siswa-siswi Sekolah Dasar kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang dilakukan di SD Bendunganjati, pacet, Mojokerto.

Penyuluhan ini memiliki beberapa rangkaian acara, yaitu: pemaparan materi, praktik dan games. Adapun materi yang dibawakan adalah tentang pentingnya cuci tangan, cara mencuci tangan yang baik dan benar, pentingnya menggosok gigi, cara sikat gigi yang baik, serta pemberian materi tentang sarapan sehat.

Setelah dilakukan pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan mempraktikkan materi materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Kami meminta mereka satu per satu mempraktikkan  cara menggosok gigi dan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Siswa siswi yang sudah selesai mempraktikkan  cara menggosok gigi dan cara mencuci tangan yang baik dan benar diminta untuk memasuki ruangan kelas kembali dan bermain game bersama kakak kakak yang mendampingi disetiap kelasnya sambil menunggu teman teman yang belum melakukan praktik. Tidak hanya games pada kelas 5 dan juga kelas 6 mereka di minta untuk menuliskan cita-cita mereka dimasa mendatang. Kegiatan tambahan ini dilakukan guna mengisi waktu yang ada sambil menunggu siswa siswi yang belum melakukan praktik dan juga menjadi sarana bagi kami untuk saling mengenal satu sama lain sehingga terjalin silaturrahim yang baik.

Kegiatan ini menjadi pengalaman baru bagi kami selaku mahasiswa yang belum pernah terjun langsung ke masyarakat untuk membagi ilmu yang kami punya. Acara penyuluhan ini disambut baik oleh pihak SD Bendunganjati baik kepala sekolah, guru, dan juga staff di SD tersebut. Meskipun materi yang kami bawakan kepada mereka sangat umum dan mendasar, tetapi masih banyak dari mereka belum mengetahui dengan baik cara menggosok gigi dan cara mencuci tangan dengan benar. Akan tetapi semua siswa siswi tersebut mengikuti semua rangkaian acara penyuluhan yang telah kami rancang dengan sangat antusias dari awal hingga akhir.

Oleh : Nelsya Safira Aulia Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *