SPESIALIS ILMU BEDAH

Deskripsi Program Studi

Program Pendidikan Dokter Spesialis I Bedah. Program studi ini merupakan program spesialis. Masa studi 8 semester dengan beban 144 SKS. Program studi ini terletak di Kampus A Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) dan operasional pendidikannya di Rumah Sakit Pendidikan RS Dr Soetomo didirikan pada tahun 1923 dengan pembukaan program studi pada tahun 1980 (SK Rektor UNAIR No. 076/U/1980). Program Studi Spesialis Bedah mendukung pemenuhan kebutuhan dokter spesialis bedah dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sebagai upaya partisipasi aktif Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dalam mencetak dokter spesialis bedah yang berkompeten, Program Studi Spesialis Bedah, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga juga menjalin kerja sama dengan beberapa jaringan rumah sakit di beberapa daerah. memberikan pelayanan dan meningkatkan kualitas peserta didik untuk mencapai tujuan yaitu menghasilkan lulusan yang berkompeten dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan dokter bedah.

Visi

Menjadi Program Studi Spesialis Ilmu Bedah yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, unggul di bidang dasar bedah minimal invasif, bedah mikro, dan kemoterapi, serta mengedepankan enterpreneurship dan humaniora yang berdasar kepada moral agama pada tahun 2026.

Misi

Untuk mencapai visi, misi program studi Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga adalah:

1.) Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi berdasar kompetensi global untukmenghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi moral dan etik kedokteran.

2.) Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dasar, terapan serta kebijakan yanginovatif dan diakui secara nasional, regional, dan internasional untuk menunjangpendidikan, pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

3.) Mendharmabaktikan dan mampu mengembangkan keahlian serta teknologi yangberjiwa enterpreneur di bidang pelayanan dan ilmu bedah yang berdasar humaniorakepada masyarakat dengan selalu berwawasan kesehatan, baik nasional, regionalmaupun internasional.

4.) Mengembangkan lembaga Pendidikan Spesialis Ilmu Bedah sebagai lembaga yangberorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat nasional, regional sertainternasional yang unggul di dasar bedah invasive minimal, bedah mikro, dan

5.) Menyediakan pelayanan kesehatan di bidang bedah yang aman, bermutu tinggi, dan

Tujuan

Program Studi Spesialis-1 Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Airlangga bertujuan mendidik, melatih, serta menghasilkan lulusan dokter spesialis bedah yang mempunyai keahlian klinis, kemampuan akademik serta kualitas yang professional. Penyelenggaraan pendidikan Program Studi Spesialis-1 Ilmu Bedah bertujuan:

1.) Tercapainya lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kurikulum, mampumengembangkan ilmu dan profesinya secara mandiri, serta memiliki keunggulan kelasdunia (academic excellence), berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama.

2.) Terwujudnya kurikulum transformatif sesuai dengan standar pendidikan nasional dan

3.) Terwujudnya penelitian dasar dan terapan ilmu bedah serta penelitian yang inovatif dengandengan publikasi internasional pada jurnal bereputasi dengan keunggulan kelas dunia(research excellence).

4.) Terwujudnya pengabdian pada masyarakat berbasiskan penelitian dan pelayanan bedahdengan keunggulan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berjiwaentrepreneur serta humaniora untuk kesehatan masyarakat (community servicesexcellence).

5.) Terwujudnya tata pamong yang baik serta kredibel melalui manajemen sumberdaya yangefektif serta efisien.

Gelar Lulusan

Dokter Bedah Umum (Sp.B)

Pelaksanaan Program

Purnawaktu

Pelaksanaan Perkuliahan

Di Rumah Sakit Pendidikan RSUD Dr Soetomo

Periode Penerimaan

Dua kali setahun, setiap bulan Juli dan Februari

Masa Studi

4 tahun (8 semester)

Akreditasi

Nasional : LAM PT-Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia) dengan nilai unggul

Keterangan lebih lanjut kunjungi: