May 21, 2022

Wujudkan Program Hybrid Spesialis dengan TNI, FK UNAIR Lakukan Visitasi RSPAL

Sebagai tindak lanjut rencana perkuliahan hybrid untuk TNI, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) melakukan visitasi ke RS Pusat Angkatan Laut (RSPAL) Dr. Ramelan, Surabaya, Kamis, 19 Mei 2022. Visitasi ini bertujuan untuk meninjau kesiapan RSPAL sebagai fasilitator dan wahana belajar pendidikan hybrid untuk TNI.

Dekan FK UNAIR, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG (K) menuturkan, melalui visitasi ini FK UNAIR akan mempertimbangkan proses pendidikan hybrid apa yang relevan dan efektif di RSPAL. Juga upaya dalam menutup kekurangan baik dari fasilitas maupun SDM.

“Karenanya kami membawa serta ketua departemen yang bergabung dalam program ini untuk melihat lagi di lapangan,” terangnya.

Adapun departemen yang bergabung dalam visitasi antara lain dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, Ilmu Bedah, Pediatri dan Ilmu Bedah saraf. Selain itu Departemen Anestesiologi dan Reanimasi, Kardiologi dan Kedokteran Vaskular, Departemen Anatomi Histologi dan Farmakologi, Radiologi serta Orthopaedi dan Traumatologi.

Kendati demikian, dekan sebenarnya sangat optimis terhadap kelayakan fasilitas dan SDM di RSPAL. Mengingat selama ini juga sudah banyak PPDS FK UNAIR yang stase di RSPAL.

Proses visitasi hingga evaluasi ini, lanjut dekan diharapkan cepat karena Per Juni nanti, pendaftaran masuk PPDS sudah mulai dibuka.

Dekan berharap, melalui program ini, FK UNAIR dan TNI berkontribusi aktif dalam memeratakan persebaran dokter spesialis di Indonesia khususnya bagi daerah terdepan, terpencil dan terluar.

Karumkit RSPAL Dr. Ramelan, Laksamana Pertama TNI, Gigih Imanta J., dr., Sp.PD., Finasim., M.M menyatakan kesiapannya menjadi wahana pendidikan bagi PPDS hybrid FK UNAIR. Pihaknya juga siap melengkapi segala kekurangan baik dari segi fasilitas dan SDM yang ada.

“Apapun hasil visitasi kami akan menerima dan berbenah untuk memberikan yang terbaik dalam pendidikan hybrid ini,” tukasnya. (ISM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.