November 20, 2023

Tim Lovely Mom Sabet Juara 2 Pada Lomba SERVIX 2023

Kabar menggembirakan dari gagasan “Lovely Mom ASI Tracker : Strategi Pengoptimalan ASI Eksklusif Periode 1000 HPK Berbasis Aplikasi Digital dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045” menjadi Juara 2 pada cabang lomba esai populer dalam Scientific Midwifery Exhibition (SERVIX) yang diadakan oleh Universitas Brawijaya pada tanggal 18-19 November 2023.

Tim ini diketuai oleh Intan Fairuz Zakia dengan anggota Gading Nurhafiza Rachma dan Khuril Malail Janah, yang merupakan mahasiswa Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) angkatan 2020. Motivasi terbesar yang mendorong mereka untuk mengikuti lomba ini adalah meningkatkan kemampuan dalam bidang menulis esai serta menambah pengalaman. Berkat hal tersebut, tim ini berhasil mengalahkan puluhan tim dari berbagai universitas di seluruh Indonesia dan didampingi oleh Ibu Ratna Dwi Jayanti, S. Keb. Bd. M. Keb. selaku dosen pembimbing.

Khuril menerangkan bahwa ide mereka berangkat dari masih adanya keluhan dari ibu menyusui tentang kurangnya support bagi mereka. “Banyak ibu menyusui yang masih belum paham mengenai pentingnya ASI eksklusif, kurangnya dukungan informasi baik dari suami, keluarga, maupun tenaga kesehatan, dan alat atau teknologi yang dapat memudahkan serta membantu busui untuk mencapai ASI eksklusif”. Meski demikian, mengembangkan gagasan inovatif mereka tidaklah mudah. Pengembangan prototype aplikasi yang lumayan memakan waktu dan padatnya kegiatan akademik menjadi tantangan utama bagi tim yang diketuai oleh Intan Fairuz Zakia tersebut.

Mendapatkan penghargaan dalam perlombaan ini bukanlah akhir dari perjuangan mereka. Gading menerangkan bahwa setelah ini, tim akan melakukan berbagai tindak lanjut terkait karya yang telah mereka buat. Selain itu, mereka juga berharap karya ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas. “Kami berharap apa yang kami lakukan membawa nilai dan makna, serta manfaat tidak hanya untuk kami sendiri, tetapi juga banyak orang di luar sana” tutur Intan.