Desember 8, 2021

Tim Bedah Plastik FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo Bantu Operasi Korban Luka Bakar Korban Erupsi Semeru

Tim Bedah Plastik FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo terus bergerak sejak Senin(6/12) dalam melakukan tindakan operasi pada korban yang mengalami luka bakar akibat lahar panas. Setidaknya setiap hari ada 2 hingga 3 pasien yang menjalani operasi skin graft atau penempelan kulit baru. Tim dikomandoi oleh Dokter Agus Sp.BP dan membawa dokter PPDS untuk membantu melakukan tindakan.

Dekan FK UNAIR, Prof Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG(K) menuturkan, diberangkatkannya dokter bedah plastik ini karena ada cukup banyak warga yang mengalami luka bakar. Cukup banyak juga yang mengalami luka bakar dengan presentase 80 persen luas tubuh.

“Hal ini sangat beresiko menyebabkan kematian jika tidak tertangani dengan cepat,” terangnya.

Ketua Tim Gabungan Bencana Alam dan Pandemi FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo, Dr. Christijogo Sumartono,dr., Sp.And.Kar menambahkan, pasien dengan luka bakar perlu apalagi dengan luka tubuh yang luas perlu perawatan intensif dan berkala. Karena jika tidak, luka akan memicu komplikasi pada organ lain dan akan menyebabkan kematian.

“Kami rawat lukanya setiap hari agar kondisinya tidak semakin jelek dan menimbulkan komplikasi,” tambahnya.

Dokter Chris menuturkan, tim dokter FK UNAIR RSUD Dr. Soetomo membantu penanganan pasien di RS. Dr. Haryoto. Saat ini, di ada 9 pasien luka bakar yang sedang menjalani perawatan intensif mulai dari pembersihan luka hingga pengangkatan sel kulit dan jaringan yang mati.

Operasi korban yang mengalami luka bakar akibat lahar panas erupsi gunung semeru

Selasa (7/12), satu orang dokter bedah plastik menyusul ke lokasi bencana. Hari ini, Rabu (8/12) dua orang dokter juga berangkat menyusul tim.

Berdasarkan laporan dari lapangan, tim medis kekurangan bantuan bahan medis seperti kassa steril, tulle, burnazine plus, polyban, elastic verban untuk penutupan luka.

FK UNAIR bersama dengan IKA UNAIR, IKA FK UNAR Yayasan RSTKA, RSUD Dr Soetomo, IDI dan Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes serta fakultas-fakultas lain di UNAIR membuka posko tim gabungan peduli bencana alam dan pandemi. Posko gabungan ini selalu siap siaga menerjunkan tenaga baik dokter dan relawan yang siap membantu jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Posko gabungan ini berlokasi di Ruang Sidang D FK UNAIR Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.47, Surabaya. Posko ini dibuka setiap hari dari Pukul 09.00 Pagi hingga 17.00 sore dan menerima bantuan barang dan makanan.

Donasi juga bisa dalam bentuk uang yang disalurkan ke rekening CIMB Niaga: 703-849-215-300. Rekening Mandiri:142-00-2017778-7 dan BRI: 0411-01000525-306. Periode donasi dibuka dari tanggal 6 hingga 10 Desember 2021. (ISM)

Tim Gabungan saat memberikan bantuan beruba selimut, pakaian dan makanan kepada korban bencana alam erupsi gunung semeru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *