SUBSPESIALIS ILMU PENYAKIT DALAM

Deskripsi Program Studi

Program studi ini merupakan gelar subspesialisasi. Masa studinya adalah 6 semester dengan beban 115 SKS. Program studi ini terletak di kampus A Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FM UNAIR). Universitas Airlangga berdiri sejak tahun 1923 dan saat ini merupakan fakultas kedokteran tertua kedua di Indonesia. Diperuntukkan bagi Dokter Spesialis yang ingin mengambil subspesialisasi Penyakit Dalam. Kami memiliki tujuh minat studi termasuk Alergi Imunologi Klinis, Endokrinologi Metabolik dan Diabetes, Gastroenterohepatologi, Hipertensi Ginjal, Hematologi Onkologi Medis, Penyakit Tropis Menular, Reumatologi. Apabila mahasiswa menyelesaikan program pendidikannya akan mendapat gelar Konsultan.

Visi

Menjadi pusat pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, menjadi pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, entrepreneurship, serta humaniora berdasarkan moral agama.

Misi

1.) Menyelenggarakan Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis yang berkompeten dan professional untuk melaksanakan praktik kedokteran di bidang Ilmu Penyakit Dalam yang terkini dan manusiawi.

2.) Menghasilkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis yang mampu mengembangkan diri secara terus-menerus dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan Dalam di bidang kekhususannya dengan menjunjung tinggi moral agama dan humaniora.

3.) Mendharmabaktikan keahlian khusus pada bidang ilmu pengetahuan, teknologi, entrepreneurship, dan memberi nilai lebih di masyarakat pada skala nasional dan internasional.

4.) Mengembangkan kelembagaan yang berbasis sistem tata kelola dan manajemen terkini

Gelar Lulusan

Subpesialis Ilmu Penyakit Dalam (Konsultan)

1. Subspesialis Alergi Imunologi Klinik (Subsp. AI)

2. Subspesialis Endokrinologi Metabolik dan Diabetes (Subsp. EMD)

3. Subspesialis Gastroenterohepatologi (Subsp. GEH)

4. Subspesialis Ginjal Hipertensi (Subsp. GH)

5. Subspesialis Hematologi Onkologi Medik (Subsp. HOM)

6. Subspesialis Penyakit Tropik Infeksi (Subsp. PTI)

7. Subspesialis Reumatologi (Subsp. R)

Pelaksanaan Program

Purnawaktu

Pelaksanaan Perkuliahan

Di Dalam Kampus

Periode Penerimaan

Dua kali setahun, setiap Juli dan Februari

Masa Studi

3 tahun (6 semester)

Akreditasi

Nasional          : LAM PT-Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia) dengan nilai A (Unggul)