Juli 27, 2023

Studi Banding: RENJANA

Studi Banding: Renjana merupakan kegiatan kunjungan atau pertukaran  informasi yang dilaksanakan oleh divisi Public Relation LPPM LINGUA FK UNAIR dengan organisasi yang bergerak dalam bidang pers dan jurnalistik dari  universitas lain. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan  wawasan anggota organisasi tentang dunia jurnalistik dan pers, serta dapat  menjadi inspirasi untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi. Studi Banding:  Renjana kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Mei 2023 di Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Semarang. Kegiatan Renjana pertama ini  dilaksanakan bersama LPM TRANSFERIN dari UNISSULA. 

Renjana adalah program kerja baru dari masa kepengurusan LPPM  LINGUA 2023/2024. Sebagai salah satu program kerja dengan skala cukup besar,  Renjana mendapatkan perhatian dan minat tinggi dari anggota LINGUA. Tidak  hanya itu, Renjana juga diharapkan membawa inovasi baru dalam bidang pers dan  jurnalistik bagi mahasiswa kesehatan. Melalui Renjana, mahasiswa kesehatan  memiliki peranan dalam kemajuan informasi kesehatan di Indonesia. Hasil  program kerja oleh kedua belah pihak, baik LPM TRANSFERIN dan LPPM  LINGUA, nantinya dapat memunculkan motivasi dalam meningkatkan kualitas  pers dan jurnalistik Indonesia terutama dalam menyediakan informasi kesehatan  yang bermutu bagi masyarakat. 

Menuju hari keberangkatan ke Semarang, tim panitia Renjana berusaha  mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Delegasi LPPM LINGUA disambut  ramah oleh LPM TRANSFERIN setibanya di Universitas Islam Sultan Agung  (UNISSULA) meningkatkan antusiasme dari kedua pihak untuk melaksanakan  Renjana. Acara dimulai dengan sambutan dari dr. Eighty Mardiyan Kurniawati,  SpOG(K) selaku pembimbing LPPM LINGUA dan juga dr. Herlin Ajeng  Nurrahma, M.Biomed selaku pembimbing LPM TRANSFERIN melalui Zoom  Meeting. Acara dilanjutkan dengan sambutan perkenalan dari ketua kedua pihak,  yaitu Fikra Fadhillah selaku CEO LPPM LINGUA dan Alamdito Akbar selaku  Ketua Umum LPM TRANSFERIN. Kemudian, perwakilan divisi dari LPPM  LINGUA maupun LPM TRANSFERIN berkumpul membahas program kerja apa

saja yang telah berhasil dilakukan. Melalui hasil program kerja yang disampaikan,  kedua belah pihak dapat saling mengapresiasi dan mengevaluasi.  Dalam pelaksanaanya, tentu Renjana tidak luput dari beberapa halangan.  Pihak panitia Renjana cukup kesulitan dalam memilih waktu yang tepat bagi  kedua belah pihak. LPPM LINGUA dan LPM TRANSFERIN memiliki jadwal  yang cukup berbeda sehingga dalam perancangan jadwal perlu perhatian lebih.  Namun, setelah dilakukan diskusi akhirnya Renjana dapat dilaksanakan dengan  mempertimbangkan jadwal perkuliahan dan lain-lain. 

LPPM LINGUA bersama LPM TRANSFERIN berhasil membangun  hubungan baru melalui Renjana. Apresiasi dan evaluasi program kerja telah  diterima dengan baik oleh LPPM LINGUA maupun LPM TRANSFERIN yang  nantinya dapat membantu menjalankan visi dan misi dari kedua organisasi. Selain  itu, kolaborasi kedua organisasi ini nantinya dapat meningkatkan kualitas kerja  para anggota dalam menyediakan produk pers dan jurnalistik.  Pada Renjana berikutnya, diharapkan akan semakin banyak kolaborasi  antara LPPM LINGUA dengan lembaga pers dan jurnalistik mahasiswa dari  universitas lain di Indonesia. Kolaborasi ini nantinya diharapkan juga dapat  menjadi wadah pengembangan kemampuan bekerja sama para anggota organisasi  serta menyediakan produk pers dan jurnalistik yang berkualitas terutama dalam  informasi kesehatan Indonesia. Oleh karena itu, evaluasi kegiatan perlu  dilaksanakan untuk penyelenggaraan Renjana selanjutnya.

Penulis: Nathania Elma Fithriyah (Kedokteran 2021), Shafira Tsabita Billah  (Kedokteran 2022)