Agustus 1, 2023

Student Outbound Universitas Airlangga Berangkat ke Research Institute for Microbial Diseases, Osaka University, Jepang

Osaka, Jepang, 1 Agustus 2023. Dua mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR), Andrew William dan Mahawikan Akmal Danishara, berangkat ke Jepang untuk mengikuti kegiatan Student Outbound di Research Institute for Microbial Diseases (RIMD), Osaka University. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 3 hingga 31 Juli 2023 dan menjadi momen penting dalam rangka pelaksanaan student mobility program yang tercakup dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua institusi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin tahunan yang telah tertunda akibat pandemi sebelumnya. Dengan dibukanya kembali program ini, diharapkan para mahasiswa yang terlibat dapat menyerap banyak ilmu baru, melengkapi ilmu yang sudah didapat di FK UNAIR, dan kemudian menularkan pengalaman mereka kepada teman-temannya di kampus. Selain itu, melalui kegiatan ini, kedua mahasiswa tersebut diharapkan mampu menjadi agen pendidikan yang dapat meningkatkan eksposur internasional terhadap Universitas Airlangga, khususnya Fakultas Kedokteran.

Research Institute for Microbial Diseases, Osaka University, merupakan lembaga riset terkemuka yang berfokus pada penyakit mikroba, termasuk penelitian virus, bakteri, dan infeksi menular lainnya. Andrew William dan Mahawikan Akmal Danishara telah diberikan kesempatan langka untuk berinteraksi langsung dengan para peneliti ahli di bidang tersebut dan berpartisipasi dalam beragam kegiatan akademis dan laboratorium.

Dalam wawancara sebelum keberangkatan, Andrew William menyatakan kegembiraannya dan berharap program ini akan memberikan banyak ilmu dan pengalaman berharga dalam bidang kedokteran yang nantinya dapat dia bagikan kepada teman-temannya di FK UNAIR. Mahawikan Akmal Danishara juga menyatakan antusiasmenya dan berkomitmen untuk mengambil pelajaran sebanyak mungkin dari program ini untuk kemajuan akademiknya dan kontribusi bagi dunia kedokteran di Tanah Air.

Dengan adanya kegiatan Student Outbound ini, diharapkan sinergi akademik antara Universitas Airlangga dan Osaka University semakin menguat, serta mendorong pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya antar dua negara. Selain itu, program ini menjadi langkah konkret dalam mencapai visi universitas sebagai lembaga pendidikan yang berdaya saing global dan mampu mencetak lulusan yang berkualitas tinggi di tingkat internasional.

Semoga melalui program ini, Andrew William dan Mahawikan Akmal Danishara mampu menjadi duta bangsa yang berprestasi dan membawa nama baik Universitas Airlangga serta Indonesia di tingkat internasional. Selamat berjuang dan semoga sukses sekembalinya dari program Student Outbound di RIMD, Osaka University, Jepang!

Penulis: Shahzad Shoukat

Editor: Aulia Fatimah Azzahra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *