Juni 10, 2024

Student Exchange di Management & Science University (MSU) dalam Program Pembelajaran dan Pengabdian Masyarakat pada Mata Ajar Farmakologi

Seiring perkembangan ilmu kedokteran yang semakin pesat, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) melakukan program student exchange ke Management & Science University (MSU) di Malaysia. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Fakultas Kedokteran Unair.

“Kolaborasi akademik melalui program pertukaran mahasiswa ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman dan kompetensi mahasiswa, serta membuka kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan penelitian dan memperluas jaringan ilmiah dengan rekan-rekan di MSU,” kata Kepala Departemen Diagnostic and Allied Health Science Fakultas Kesehatan dan Ilmu Pengetahuan (FHLS), Mr. Danial, PhD, saat menyambut mahasiswa Unair.

Program pertukaran pelajar ini berlangsung selama seminggu, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan prospek mahasiswa Unair terkait penelitian di bidang Farmakologi, serta menjalin kerja sama dengan MSU. Target program ini adalah mahasiswa dapat bekerja sama dalam penelitian dan publikasi jurnal internasional, serta mengetahui tentang penelitian baru di laboratorium MSU.

Dalam program ini, mahasiswa Unair mengikuti berbagai kegiatan, di antaranya perkenalan dengan supervisor dan dosen, tur kampus FHLS MSU, praktik klinis phlebotomi, workshop penanganan hewan dan teknik pembedahan otak pada tikus, serta mempelajari observasi studi psioriasis/obesitas dan teknik menumbuhkan bakteri E. coli dan Staphylococcus aureus.

“Kami sangat bersemangat untuk memperluas wawasan dan menjalin kolaborasi penelitian bersama rekan-rekan di MSU, serta menggali perspektif baru dan menemukan peluang untuk mengembangkan karya ilmiah berkualitas tingkat internasional,” ujar dr. Amanda Trilana, perwakilan dari mahasiswa Unair yang berkunjung ke MSU.

Acara penutupan program dihadiri Dekan FHLS MSU yang memberikan sambutan dan menyerahkan sertifikat kepada peserta Unair. Selain itu, peserta juga melakukan kegiatan kultural dan sosial di Malaysia dan Singapura sebelum kembali ke Indonesia pada 19 Maret 2024.

Dengan program ini, diharapkan mahasiswa Unair dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi, serta menjalin kerja sama penelitian dengan MSU yang memiliki fakultas kesehatan unggulan.