SPESIALIS RADIOLOGI

Deskripsi Program Studi

Program Studi Spesialis Radiologi merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) yang menghasilkan lulusan sebagai dokter spesialis Radiologi. Program studi ini berlokasi di Kampus A dan melakukan operasional pendidikannya di Rumah Sakit Pendidikan RS Dr. Soetomo yang telah didirikan sejak tahun 1923, dengan pembukaan program studi pada tahun 1980 (berdasarkan Keputusan Rektor UNAIR No. 07C/U/1980). Program Studi Spesialis Radiologi telah berhasil meraih sertifikat akreditasi pada tahun 2023 dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) dengan peringkat unggul. Kurikulum dirancang dengan beban studi sebanyak 165 satuan kredit semester (SKS) dan masa studi selama 8 semester, termasuk 1 semester Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU).

 

Program Studi Spesialis Radiologi memiliki 11 dosen tetap dan 5 dosen tidak tetap, termasuk 2 professor, 3 doktor, dan 11 subspesialis dalam bidangnya masing-masing. Program Studi ini aktif terlibat dalam berbagai kerjasama lintas disiplin, baik di dalam lingkup fakultas, antar universitas, maupun di tingkat internasional.

Visi

Menjadi Program Studi Spesialis Radiologi yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran terutama di bidang pencitraan onkologi, serta mengembangkan entrepreneurship dan humaniora berdasarkan moral agama.

Misi

1.) Menyelenggarakan dan mengembangkan Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi dengan keunggulan kelas dunia terutama di bidang pencitraan onkologi berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama.

2.) Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan ilmu Radiologi terutama dalam bidang pencitraan onkologi yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

3.) Mendharmabaktikan keahlian ilmu pengetahuan dan teknologi Radiologi terutama di bidang pencitraan onkologi yang berjiwa enterpreneur, nilai humaniora dan moral agama.

4.) Menyelenggarakan tata kelola Program Studi Spesialis Radiologi secara mandiri dengan baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Tujuan

1.) Terwujudnya Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi dengan keunggulan kelas dunia terutama di bidang pencitraan onkologi berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama.

2.) Terselenggaranya penelitian dasar dan atau terapan ilmu Radiologi terutama dalam bidang pencitraan onkologi yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

3.) Terwujudnya dharma bakti ilmu pengetahuan dan teknologi Radiologi terutama di bidang pencitraan onkologi yang berjiwa enterpreneur, nilai humaniora dan moral agama.

4.) Terselenggaranya tata kelola Program Studi Spesialis Radiologi secara mandiri dengan baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Gelar Lulusan

Spesialis Radiologi (Sp.Rad)

Pelaksanaan Program

Purnawaktu

Pelaksanaan Perkuliahan

RSUD Dr. Soetomo, kampus FK UNAIR dan RS Jejaring

Periode Penerimaan

Dua kali setahun, setiap bulan Januari dan Juli

Masa Studi

4 tahun (8 semester meliputi 1 semester Mata Kuliah Dasar Umum)

Akreditasi

Nasional         : LAM PT-Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia) terakreditasi Unggul

Keterangan lebih lanjut kunjungi: