SPESIALIS ILMU KEDOKTERAN FISIK & REHABILITASI

Deskripsi Program Studi

Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi sebagai salah satu spesialisasi bidang kedokteran, mulai berkembang setelah perang dunia II dan semenjak itu mengalami laju perkembangan yang sangat pesat di dunia. Menurut definisinya maka Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pengelolaan komprehensif dari kelainan fungsi (Impairment), ketidakmampuan/hambatan beraktivitas (disability), dan ketunaan (handicap) yang disebabkan oleh penyakit atau cedera yang mengenai system neuro-muskulo-skeletal dan kardiorespirasi beserta gangguan biopsikososiovokasional yang menyertainya.

 

Pendidikan KFR di Indonesia dimulai tahun 1987 oleh dr. R. Oemijono Moestari, Sp.S. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta sosial budaya saat ini, telah terjadi perubahan di dalam konsep penanganan paripurna suatu penyakit. Pelayanan Bidang Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih luas meliputi upaya peningkatan (promotif), pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif). SK Pendirian Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis I Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi resmi didirikan dengan SK No. 16/DIKTI/Kep/1987 tentang Pembentukan Program Studi Rehabilitasi Medik pada Program Pendidikan Dokter Spesialis I di Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Airlangga.

Visi

Visi Program Pendidikan Spesialis I Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi adalah “Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yang mandiri, inovatif dan terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, enterpreneurship, serta humaniora berdasarkan moral agama pada tahun 2025.

Misi

1.) Menyelenggarakan Program Pendidikan Dokter Spesialis yang unggul dan profesional berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Bidang Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.

2.) Menyelenggarakan pelayanan Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dalam menunjang kegiatan rumah sakit melalui Academic Health System yang berfungsi sebagai pusat pendidikan tertinggi berdasarkan standar nasional dan internasional.

3.) Melaksanakan penelitian dasar, terapan dan inovatif serta kolaborasi penelitian tingkat Nasional dan Internasional yang berjiwa enterpreneur serta humaniora untuk kesehatan masyarakat yang mengarah pada pengembangan ilmu dan teknologi terbaru di bidang Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.

4.) Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yang berbasis riset dan berkualitas sesuai dengan standar profesi

Gelar Lulusan

Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Sp.K.F.R.)

Pelaksanaan Program

Purnawaktu

Pelaksanaan Perkuliahan

Di Dalam Kampus

Periode Penerimaan

Dua kali setahun, setiap Juli dan Februari

Masa Studi

4 Tahun (8 Semester)

Akreditasi

Nasional   : LAM PT-Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia) dengan nilai A (Unggul)

Keterangan lebih lanjut kunjungi: