SPESIALIS BEDAH SARAF

Deskripsi Program Studi

Standar Profesi Bedah Saraf Indonesia tahun 2006, ruang lingkup profesi bedah saraf meliputi berbagai penyakit di susunan saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dan saraf tepi antara lain trauma kepala, saraf tulang belakang dan saraf tepi, kelainan kongenital saraf, neoplasma, kelainan neurovascular, kelainan tulang belakang, penyakit saraf degeneratif, serta kelainan fungsional bedah saraf (nyeri, epilepsi, dan gangguan gerak). Pelayanan bedah saraf dapat bersifat emergensi (gawat darurat) dan terencana (elektif).

 

Program pendidikan spesialis-1 ilmu bedah saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga – RSUD Dr. Soetomo secara historis telah berlangsung sejak tahun 1984. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga – RSUD Dr. Soetomo ditunjuk oleh Konsorsium Pendidikan Kedokteran (CME) Indonesia untuk menjadi salah satu dari 3 pusat pendidikan bedah saraf karena telah memenuhi jumlah dan syarat sebagai pusat pendidikan saat itu.

 

Program studi spesialis-1 ilmu bedah saraf di lingkungan UNAIR mengikuti evaluasi internal yang disebut AIMS ( Airlangga Integrated Management System) atau AMI ( Audit mutu internal) yang dilaksanakan setiap tahun. AMI merupakan bagian dari siklus pemjaminan mutu UNAIR yang berjalan secara berkesinambungan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu secara internal khususnya menajemen pendidikan yang diarahkan pada pencapaian kualitas pendidikan tinggi secara berkelanjutan (Continuous quality improvement). Selain itu evaluasi eksternal juga dilakukan melalui LAM PT-Kes dalam meningkatkan mutu serta pengembangan dari program ilmu bedah saraf di Surabaya.

Visi

Menjadi Program Studi di bidang Bedah Saraf yang mandiri, unggul, terkemuka di tingkat. Nasional dan Internasional dalam penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang proses pendidikan, dan pelayanan berlandaskan pada humaniora, medico- socioenterpreneurship, dan moralitas agama pada tahun 2030.

Misi

1.) Menyelenggarakan pendidikan Spesialis Bedah Saraf yang berbasis kompetensi global untuk menghasilkan lulusan yang unggul yang menjunjung tinggi moral dan etik.

2.) Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dasar, terapan, dan kebijakan yang inovatif dan diakui secara nasional dan internasional untuk menunjang pendidikan, pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

3.) Mendharmabaktikan dan mampu mengembangkan keahlian dalam bidang Bedah Saraf beserta teknologinya berbasis humaniora kepada masyarakat dengan selalu berwawasan kesehatan nasional dan internasional

4.) Mengembangkan lembaga Pendidikan Spesialis Bedah Saraf sebagai bentuk lembaga yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.

5.) Memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan era Society dan Revolusi Industri terkini melalui kemampuan medico- socioenterpreneurship.

Gelar Lulusan

Sp.BS ( Spesialis Bedah Saraf)

Pelaksanaan Program

Purnawaktu

Pelaksanaan Perkuliahan

Di dalam kampus, RSUD Dr. Soetomo, serta rumah sakit jejaring lainnya

Periode Penerimaan

Setiap bulan Januari dan Juli

Masa Studi

Lama studi 5 tahun 6 bulan (11 Semester), dengan jumlah kredit yang diperoleh 150 sks

Akreditasi

Nasional              : LAM PT-Kes (0423/LAM PTKes/Akr/Spe/VI/2023) dengan Nilai A (Unggul)

Internasional       : Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences Mathematics (ASIIN)

Keterangan lebih lanjut kunjungi: