SPESIALIS ANESTESIOLOGI & TERAPI INTENSIF

Deskripsi Program Studi

Program studi (PS) Spesialis Anestesiologi sebelum tanggal 1 Juli 1972 merupakan seksi Anestesiologi Bagian Ilmu Bedah FK Unair/RSUD Dr. Soetomo. Sekembali dr. Karjadi Wirjoatmodjo dari Amerika, dr. Herlien H. Megawe dari Swedia, dan dr. Siti Chasnak Saleh dari Nederland, mengikuti pendidikan Anestesiologi, maka berdirilah Bagian Anestesiologi yang terpisah dari Bagian Ilmu Bedah. Sampai dengan sekitar tahun 1985 ruang lingkup kerja meliputi RS Simpang dan RSUD Dr. Soetomo (kamar operasi masih terpisah: Kamar Operasi Bedah, Kandungan, Mata dan THT). Dengan berkembanganya bidang ilmu pembedahan, bidang Anestesiologi juga mengikuti perkembangannya. Perkembangan ini menyebabkan adanya pembidangan dalam ilmu Anestesiologi sehingga terbentuk bidang minat Cardio Vascular- anestesia, Neuro-anestesia, Pediatric-anestesia, Obstetric-anestesia, Orthopedic-anestesia, trauma-emergency, dan penganganan nyeri Anestesi untuk Transplantasi organ. Hingga berkembang menjadi Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga seperti sekarang ini.

Visi

Menjadi Prodi Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif terkemukamandiri, dan inovatif di tingkat nasional dan internasional, serta pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran, dan humaniora dibidang anestesiologi dan terapi intensifkhususnya emergensi – bencana, terapi intensif, dan anestesi pediatri, berdasarkan moral agama pada tahun 2025.

 

Definisi dan terkemuka, mandiri, dan inovatif adalah sebagai berikut:

1.) Terkemuka: Menjadi sumber daya manusia yang terbaik dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

2.) Mandiri: Menjadi sumber daya manusia yang berintegritas, kuat dan tangguh sehingga siap berdiri sendiri menghadapi lingkungan yang berkembang secara dinamis.

3.) Inovatif: Menjadi sumber daya manusia yang selalu mempunyai keinginan untuk menciptakan sesuatu yang barupada bidang anestesiologi dan terapi intensif di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Misi

1.) Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan spesialis kedokteran yang diakui ditingkat nasional dan internasional berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama.

2.) Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan kedokteran dibidang anestesiologi dan terapi intensif, khususnyaemergensi – bencanaterapi intensif, dan anestesi pediatri, yang inovatif dan mandiri berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

3.) Meningkatkan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang menjunjung nilai-nilai profesionalisme, berjiwa entrepreneurship serta humaniora untuk kesehatan masyarakat.

4.) Menyelenggarakan tata kelola Prodi dokter spesialis secara mandiri dengan baik yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Gelar Lulusan

Spesialis Anestesiologi dan terapi Intensif (Sp.An-TI)

Pelaksanaan Program

Purnawaktu

Pelaksanaan Perkuliahan

Di Dalam Kampus, Rumah Sakit Pendidikan, Rumah Sakit Jejaring

Periode Penerimaan

Dua kali setahun, setiap Juli dan Januari

Masa Studi

4 tahun (8 semester)

Akreditasi

Nasional          : LAM PT-Kes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia) dengan nilai A (Unggul)

Internasional   : ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik)

Keterangan lebih lanjut kunjungi: