SUBSPESIALIS ILMU KESEHATAN ANAK

Sejarah Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak

Proses pendirian Program Pendidikan Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak di FK Unair berjalan seriring dengan evolusi program pendidikan subspesialis anak atau konsultan di Indonesia, yang bermula dari adanya amanah Keputusan Kongres Nasional Ilmu Kesehatan Anak (KONIKA) XII Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di Surabaya tahun 2008 untuk melakukan masa transisi dalam pendidikan subspesialis anak atau konsultan dari program fellowhsip 6 bulan menuju program pendidikan yang terstruktur dengan kurikulum nasional. Selama masa transisi dari tahun 2008 – 2012, Kolegium Ilmu Kesehatan Anak (KIKAI) melakukan serangkaian kegiatan dan kebijakan untuk menentukan format pelaksanaan pendidikan melalui kerjasama dengan Unit Kerja Koordinasi (UKK) IDAI dan juga menilai fasilitas, SDM, dan materi kurikulum. Maka, melalui Surat Keputusan Ketua Kolegium Ilmu Kesehatan Anak No. 25/Kep/KOLEGIUM-IKA/XII/2013 tanggal 9 Desember 2013, ditetapkan Tempat Pelaksanaan Pendidikan Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak (Konsultan), yaitu  4 (empat) Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak (IPDSA) di Indonesia: IKA FKUI Jakarta, IKA FK UNAIR Surabaya, IKA FK UGM Yogyakarta, dan IKA FK UNPAD Bandung. Sesuai dengan SK Kolegium IKA tahun 2013 tersebut, untuk program pendidikan subspesialis di IKA FK UNAIR akan dibuka untuk 7 (tujuh) bidang peminatan, yaitu: Alergi-imunologi, Gastro-hepatologi, Hemato-onkologi, Infeksi dan Penyakit Tropis, Kardiologi, Neonatologi, dan Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial.

 

Pada awal pelaksanaan program pendidikan subpesialis, Depertemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unair, membentuk sebuah Badan Pelaksana melalui Rapat Kerja Departemen IKA tanggal 28-29 Desember 2013, yang bertugas untuk menyusun perencanaan pembentukan Program Studi Subspesialis (Sp2) Ilmu Kesehatan Anak yang berbasis universitas dengan SK Rektor. Badan Pelaksana ini bertugas dengan Surat Tugas Ketua Departemen IKA FK Unair No: 050/UN3.1.1/IKA-KP/2014 tanggal 6 Februari 2014, dengan sebagai KPS adalah Prof. Dr. Subijanto M.S., dr., Sp.A(K) dan sebagai SPS adalah Dr. Ahmad Suryawan, dr., Sp.A(K). Pada masa ini, terhitung mulai tanggal 2 Februari 2014, Program Pendidikan Dokter Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak FK bekerjasama dengan Bidang Pendidikan dan Pelatihan Rumah Sakit Dr. Soetomo mulai menerima peserta didik baru dengan masa pendidikan 4 semester atau 2 tahun. Dengan jumlah peserta 7 mahasiswa pada bidang peminatan : Alergi-imunologi, Gastro-Hepatologi, Tropik dan Infeksi, Neonatologi, dan Hematologi Onkologi.

 

Pada perkembangan selanjutnya, diawali dengan sebuah forum Adiensi antara Dekanat FK Unair dan Direktur Pendidikan Rektorat Unair pada tanggal 12 Februari 2014, hingga penerbitan SK Rektor No 67/UN3/2015 tentang Pembukaan Program Spesialis 2 (Subspesialis) pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, tanggal 22 Januari 2015, maka FK Unair secara resmi membuka Program Studi Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak berbasis institusi pendidikan atau Universitas, dengan 7 (tujuh) bidang peminatan yang sama dengan pelaksanaan pendidikan sebelumnya yang berbasis Kolegium.

 

Proses pengembangan Prodi Subspesialis IKA di FK Unair selanjutnya bertambah 3 (tiga) bidang peminatan dalam kurun waktu 2 tahun. Pembinaan Kolegium IKA melalui kegiatan Visitasi Kolegium IKA ke Prodi Sp2 IKA FK Unair pada hari Kamis, tanggal 30 Juni 2016, menghasilkan penambahan bidang peminatan baru, antara lain: (1) Bidang peminatan Nefrologi, melalui Rekomendasi Kolegium IKA No. 005/Kolegium IKA/SR/IX/2016, tanggal 8 September 2016; (2) Bidang peminatan Endokrinologi, melalui Rekomendasi Kolegium IKA No. 006/Kolegium IKA/SR/IX/2016, tanggal 8 September 2016; dan (3) Bidang peminatan Nutrisi & Penyakit Metabolik: Rekomendasi Kolegium IKA No. 033/Kolegium IKA/SR/XII/2017, tanggal 8 November 2017.

 

Dengan demikian, hingga saat ini Prodi Subpsesialis IKA FK Unair telah mempunyai total 10 (sepuluh) bidang peminatan, yaitu Alergi-imunologi, Gastro-hepatologi, Hemato-onkologi, Infeksi dan Penyakit Tropis, Kardiologi, Neonatologi, dan Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial, Nefrologi, Endokrinologi, dan Nutrisi & Penyakit Metabolik, dengan bertindak sebagai KPS adalah Dr. Ahmad Suryawan, dr., Sp.A(K), dengan SK Rektor Universitas Airlangga No. 990/UN3/2020,  dan sebagai SPS adalah Dr. Alpha Fardah Attiyah, dr., Sp.A(K), dengan SK Dekan No.445/UN3.1.1/HK 04/2020

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak

Visi

“Menjadi pusat Pendidikan Dokter Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak yang mandiri, kompetitif, unggul berjiwa enterpreneurship berdasarkan humaniora serta moral agama di tingkat Nasional dan Internasional berbasis riset dan teknologi terkini dalam menunjang proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2025.”

 

Misi

1)  Menyelenggarakan pendidikan akademik, dan profesi di bidang Ilmu Kesehatan Anak sesuai bidang minat berbasis teknologi pembelajaran modern beretika berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama.

2) Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia di bidang Ilmu Kesehatan Anak berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

3) Mendharmabaktikan hasil penelitian dan keahlian dalam bidang Ilmu Kesehatan Anak sesuai bidang minat yang berjiwa enterpreneur dan humaniora untuk kesehatan masyarakat. 

4) Menyelenggarakan tata kelola program studi secara mandiri dengan baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing ditingkat internasional.

 

Tujuan 

Tujuan Program Studi Pendidikan Dokter Subspesialis adalah :

1) Menghasilkan tenaga dokter spesialis anak konsultan yang mempunyai kemampuan di bidang Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak yang berdasarkan pemahaman dan perkembangan tehnologi beretika berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama.

2) Menghasilkan tenaga dokter spesialis anak konsultan yang mempunyai kemampuan menyelenggarakan penelitian yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia di bidang Ilmu Kesehatan Anak berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

3) Menghasilkan tenaga dokter spesialis anak konsultan yang mempunyai kemampuan dan kemauan untuk mendharmabaktikan hasil penelitian dan keahlian dalam bidang Ilmu Kesehatan Anak sesuai bidang minat yang berjiwa enterpreneur dan humaniora untuk kesehatan masyarakat.

4) Program studi mampu menyelenggarakan tata kelola program studi secara mandiri dengan baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing ditingkat internasional.

Sasaran Strategi

Sasaran Strategi

Sasaran strategis Prodi Subspesialis Ilmu Keshatan Anak FK UNAIR, operasional inisiatif strategis, dijabarkan ke dalam lima tema program, yang terangkum sebagai CHILD, yaitu:

1) Community needs-oriented and professional curriculum

2) Healthy, transparent, and responsive management

3) Impressive educational and research innovation

4) Leadership and humanism coaching system

5) Delightful learning environment

 

1. Community needs-oriented and professional curriculum

Kurikulum profesional dan beroreintasi pada kebutuhan masyarakat. Proses pendikan oleh program studi dilakukan melalui kurikulum akedemik yang profesional dengan tujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuanbaik di bidang akademik maupun profesi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan anak pada saat ini.

 

2. Healthy, transparent, and responsive management

Pengelolaan program studi dilakukan secara terencana, akuntabel, transparandan responsif terhadap berbagai masukan. Pengelolaan manajerial oleh program studi, baik di bidang SDM, sarana-prasarana dan fasilitas, maupun keuangan, dilakukan secara terencana sesuai dengan target waktu serta priorotas kebutuhan yang terus berkembang secara dinasmis, dan terbuka secara transparan, melalui pengawasan langsung dari FK UNAIR dan Universitas Airlangga, atau badan pengawas resmi lainnya; serta secara tidak langsung yangdilakukan oleh stake holder lintas instansi maupun masyarakat.

 

3. Impressive educational and research innovation

Inovasi pendidikan dan penelitian yang impresif. Program studi akan melakukan kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakatyang berorientasi kepada mahasiswa dengan tujuan memenuhi kebutuhan dasarmasyarakat di bidang Ilmu Kesehatan Anak dengan barbasis teknologi terkini.

 

4. Leadership and humanism coaching system

Sistem pendidikan dan pembimbingan yang mengedepankan jiwa kepemimpinan dan kemanusiaan yang tinggi. Program studi melakukan proses pendidikan dan pengakaran dengan berorientasi kepada mahasiswa dengan tujuan menghasilkan lulusan yang mandiri, mempunyai jiwa kepemimpinan dan mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi.

 

5. Delightful learning environment

Atmosfir belajar dalam lingkungan sehat, ramah, dan menyenangkan. Program studi melakukan proses pembelajaran dengan suasana atau atmosfir yang sehat, ramah serta menyenangkan untuk semua pihak, baik sivitas akademik maupun pihak terkait.

Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PROGRAM STUDI SUBSPESIALIS ILMU KESEHATAN ANAK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

Koordinator program studi

 

Fungsi :

Bertanggung jawab dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan mengenai pendidikan, penelitian pengabdian kepada masyarakat, serta membina sivitas akademik di program studi.

 

Tugas pokok :

1) Mengkoordinasi pelaksanaan seluruh kegiatan program studi.

2) Mengkoordinir proses pelaksanaan di bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan program studi.

3) Melakukan perencanaan kurikulum, jadwal pendidikan dan pengajaran di program studi Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

4) Mengkoordinir perencanaan, penyediaan dan pengusulan kebutuhan sarana dan prasaranan kuliah.

5) Menghadiri rapat / lokakarya mengenai pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkup FK UNAIR

6) Melakukan monitor dan evaluasi setiap kegiatan pendidikan sesuai dengan kurikulum.

7) Membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepada Dekan.

8) Melaksanakan monitor dan evaluasi kinerja bawahan

9) Melaksanakan tugas lain dari atasan yang relevan dengan tugas pelaksanaan program studi

Sekretaris Program studi

 

Fungsi :

Membantu tugas Koordinator Program Studi (KPS) terutama dalam hal manajemen dan administrasi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Tugas pokok

1) Membantu tugas Koordinator program Studi (KPS) dalam merencanakan, melaksanakan, monitoring dan evaluasi kegiatan Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di Program Studi.

2) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan administrasi dan keuangan program studi.

3) Membantu tugas koordinator Program Studi (KPS) dalam penyusunan dan persiapan dokumen-dokumen untuk pelaporan kegiatan di program studi, serta kegiatan yang terkait dengan visitasi dan akreditasi.

4) Mewakili Koordinator Program studi (KPS) dalam rapat-rapat/lokakarya pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di program studi.

Kurikulum Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak

Staf Pengajar Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak

Peminatan Gastro-Hepatologi

Prof. Dr. Subijanto MS.,

dr., SpA(K)

Dr. IGM. Reza Gunadi Ranuh, dr., SpA(K)

Dr. Alpha Fardah Athiyyah,

dr., SpA(K)

Dr. Andy Darma,

dr., SpA(K)

Dr. Bagoes Setyoboedi,

dr., SpA(K)

Peminatan Neonatologi

Dr. Martono Tri Utomo,

dr., SpA(K)

Dr. Hj. Risa Etika,

dr., SpA(K)

Dina Angelika,

dr., SpA(K)

Kartika Darma Handayani,

dr., SpA(K)

Peminatan Infeksi dan Penyakit Tropis

Prof. Parwati S.B.,

dr., MSc., SpA(K)

Dr. Dominicus Husada, DTM&H, MCTM(TP), SpA(K)

Dr. Dwiyanti Puspitasari, DTM&H, MTCM(TP), SpA(K)

Leny Kartina,

dr., SpA(K)

Peminatan Alergi-Imunologi

Peminatan Hematologi-Onkologi

Prof. Dr. Anang Endaryanto,

dr., SpA(K)

Dr. Zahrah Hikmah,

dr., SpA(K)

Dr. Azwin Mengindra Putera dr., SpA(K)

Dr. Mia Ratwita Andarsini, dr., SpA(K)

Maria C. Shanty Larasati, dr., SpA(K)

Peminatan Kardiologi

Peminatan Tumbuh Kembang & Pediatri Sosial

Dr. H. Mahrus Rahman, dr.,Sp.A(K)

Dr. I Ketut Alit Utamayasa, dr., Sp.A(K)

Taufiq Hidayat,

dr., SpA(K)

Prof. Dr. Irwanto, dr., SpA(K)

Dr. Ahmad Suryawan,

dr., SpA(K)

Dr. Mira Irmawati,

dr., SpA(K)

Peminatan Endokrinologi

Peminatan Nutrisi & Penyakit Metabolik

Peminatan Nefrologi

Dr. Muhammad Faizi, dr.,Sp.A(K)

Dr. Nur Rochmah, dr.,Sp.A(K)

Dr. Roedi Irawan, dr.,Sp.A(K)

Dr. Nur Aisyah, dr.,Sp.A(K)

Dr. Risky Vitria Prasetyo, dr.,Sp.A(K)

Penelitian dan Pengadian Masyarakat

Pohon Penelitian

Pohon Pengabdian Masyarakat

Kegiatan Ilmiah Mahasiswa

Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Fasilitas dan Sarana Prasarana

RSUD Dr Soetomo
Rumah Sakit Universitas Airlangga
Poli Nutrisi dan Penyakit Metabolik
Poli Nutrisi dan Penyakit Metabolik
Pemeriksaan Endoskopi
Ruang Perawatan Neonatal Intensive Care
Tindakan Biopsi Ginjal
Poli Hematologi Onkologi
Tindakan Bidang peminatan Kardiologi Anak
Tindakan Tes Alergi di Poli Alergi Imunologi
Taman Bermain dan Tempat Penitipan Anak
Taman Bermain dan Tempat Penitipan Anak