Oktober 31, 2022

Siswa SMA Belajar CPR Hingga Anatomi Manusia, Dalam Open House FK UNAIR

Fakultas kedokteran UNAIR (FK UNAIR) kembali menyelenggarakan open house untuk siswa SMA, Minggu, 30 Oktober 2022. Siswa dari berbagai daerah di Indonesia ini diajak untuk merasakan menjadi mahasiswa kedokteran selama sehari. Mulai dari menganalisa tubuh di laboratorium anatomi, hingga belajar CPR di ruang kuliah legendaris FK UNAIR, ruang propadause.

Naomi Nathania, ketua pelaksana, open house ini merupakan rangkaian kegiatan dari MEDSPIN (International Medical Science and Aplication Competition) 2022. Merupakan lomba sains dan kedokteran bertaraf Internasional yang diselenggarakan oleh mahasiswa FK UNAIR.

“Ini menjadi open house offline pertama setelah pandemi,” terangnya ditemui di sela-sela acara.

Sehari sebelumnya, open house juga digelar secara online sehingga menjangkau peserta yang lebih luas. Open house ini, lanjutnya, merupakan acara pembuka dari rangkaian acara MEDSPIN 2022.

“Ini juga kami jadikan sarana promosi olimpiade MEDSPIN yang babak penyisihannya tanggal 20 November nanti,” lanjutnya.

Naomi menyebut, selain ke ruang anatomi, 150 siswa yang hadir ini juga diajak untuk keliling ke beberapa spot di FK UNAIR. Pertama ke berbagai laboratorium, dari Mikrobiologi hingga Histologi. Kemudian juga ke Gedung AMEC (Airlangga Medical Center) untuk merasakan bagaimana mahasiswa FK UNAIR ujian. Juga gazebo dan halaman depan.

Tak hanya diperlihatkan, para siswa ini juga diajak praktik langsung. Seperti saat CPR, masing-masing siswa diajak bergiliran mempraktekan dengan manekin yang disediakan. Ini menjadi pengalaman yang nyata untuk mereka.

Seperti disampaikan Faiza Rosyida, Siswa SMA 2 Kediri. “Ini pengalaman yang sangat seru karena kami bisa praktik langsung dibimbing kakak-kakak di sini,” terangya.

Open house ini juga membuatnya semakin mantab untuk memilih FK UNAIR sebagai kampus tujuannya nanti. “Cita-cita saya menjadi dokter. Semoga saya bisa berkuliah di FK UNAIR nanti,” tukasnya. (ISM)