September 18, 2022

Senam Bersama & Jalan Sehat Peringati Dies Natalis UNAIR Ke-68 dan FK UNAIR Ke 109

Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Airlangga (UNAIR) Ke 68 dan Pendidikan Dokter di Surabaya Ke 109, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) menyelenggarakan kegiatan senam bersama dan jalan sehat, Minggu, 18 September 20222. Kegiatan dilaksanakan di Kampus C Universitas Airlangga. Rektor UNAIR, Prof. Dr. Muhammad Nasih, S.E., MT, Ak sendiri yang membuka acara.

Prof Nasih menyebutkan, ini merupakan agenda tahunan UNAIR. Yang mana mempersilahkan setiap fakultas secara bergiliran mengadakan senam bersama dalam rangka perayaaan Dies Natalis di halaman rektorat, “Hari ini Fakultas Kedokteran yang mendapatkan giliran, minggu giliran fakultas lain,” paparnya.

Berbagai macam doorprize pun dibagikan. Mulai dari hadiah seru-seruan seperti kipas angin, kompor gas dan rice cooker. Hingga hadiah besar seperti sepeda listrik, kulkas hingga mesin cuci.

Tak hanya senam dan jalan sehat, perayaan Dies Natalis UNAIR Ke 68 dan Peringatan Pendidikan Dokter di Surabaya Ke 109 ini juga diisi dengan pembukaan layanan kesehatan gratis.

Beberapa departemen di FK UNAIR- RSUD. Dr. Soetomo pun membuka layanan. Mulai dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Paru, Jantung, THT dan Mata. Selain itu, Departemen Obstetri dan Gynekologi dan Mikrobiologi Klinik juga berkolaborasi membuka layanan PapSmear untuk ibu-ibu.

Dekan FK UNAIR, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG(K) menuturkan, pemeriksaan kesehatan ini menjadi bakti FK untuk masyarakat. Sebagau fakultas yang memiliki background kesehatan, sudah sepantasnya kegiatan semacam ini diberikan.

“FK UNAIR saat mendapat putaran (giliran) pun selalu memberikan kegiatan untuk masyarakat, karena ini spesialisasi kami. Apalagi pemeriksaan kesehatan ini kalau dilakukan langsung di rumah sakit bisa 400 hingga 500 ribu, jadi kami harapkan ini bisa membantu,” terang dekan.

Dekan bersyukur, antusiasme warga dalam memanfaatkan berbagai pemeriksaan yang ada ini sangat tinggi. Sejak booth dibuka hingga ditutup, masih banyak pengunjung yang mampir untuk mendapatkan pemeriksaan. Setiap booth ada puluhan pengunjung. Bahkan PapSmear juga mendapatkan antusiasme yang tinggi.

“Juga pemeriksaan-pemeriksaan tensi, gula darah ini banyak peminatnya karena ini jenis pemeriksaan yang biasanya dilakukan rutin ya,” tambahnya.

Tak hanya itu, kegiatan juga diramaikan dengan talkshow yang diisi oleh dr. Agus Ali Fauzi, PGD, Pall., Med(ECU). Pembawaan

Kegiatan ini diikuti oleh ribuan orang. Mulai dari mahasiswa lintas angkatan, staf dan tenaga kependidikan hingga masyarakat sekitar. Dengan antusias masyarakat mengikuti jalannya kegiatan yang diselenggarakan dari pukul 06.00 WIB pagi ini.

“Dies Natalis seperti ini juga sekalian menjadi ajang untuk mempererat keakraban oleh Warga FK UNAIR dan Alumni,” tambah Ketua Dies Natalis FK UNAIR Ke 108, Dr. Isnin Anang Marhana, dr., SpP(K).,FCCP., FISR., FAPSR.

Penulis : Ismaul Choiriyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.