April 11, 2023

Sekolah Quran untuk Mahasiswa FK UNAIR

Turut menyemarakkan malam Nuzulul Quran, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) menyelenggarakan kegiatan Ngaber (Ngabuburit Bersama). Kegiatan ini sekaligus membuka Sekolah Quran, Jumat 7 April 2023.

Sekolah Quran sendiri merupakan program yang dipersembahkan oleh organisasi keislaman mahasiswa FK UNAIR, Assalam, yang memfasilitasi mahasiswa untuk mendalami Al Quran. Diantaranya untuk memperbagus bacaan (Tahsin) dan menghafal (tahfidz).

“Sebaik-baik belajar adalah belajar Al-Qur’an (tahfiz), menghafalnya dan memperbaikinya (tahsin), dan Al-Qur’an merupakan sumber dari keberkahan” ujar Ketua Assalam, Bilal Burhanuddin dalam sambutannya.

Sekolah Quran 2023 bisa diikuti oleh civitas akademika FK UNAIR maupun masyarakat umum. Kegiatan ini merupakan program kerja departemen Pembinaan Bacaan Al-Quran organisasi keislaman FK UNAIR, Assalam.

Bilal berharap, Sekolah Qur’an di tahun 2023 juga tahun-tahun setelahnya bisa berjalan dengan lebih baik dan spektakuler, Juga tahun-tahun setelahnya.

“Semoga acara-acara seperti ini menjadi perantara tumbuhnya semangat bagi keluarga FK dalam meraih kebaikan dan berkah Al-Qur’an,” tambahnya.

Pembukaan sekolah Quran yang diselenggarakan di hall gedung Airlangga Medical Education Center (AMEC) ini berlangsung khidmat.

Menghadirkan talkshow inspiratif seputar Al-Quran bersama dr. Faizal Mahdi. Talkshow juga dapat diikuti melalui zoom meeting untuk memfasilitasi peserta yang tidak dapat hadir secara luring.

Dalam tausiahnya, Dokter Faisal Mahdi membahas tentang nuzulul quran. Ia berharap malam nuzulul quran menjadi momen umat islam untuk menumbuhkan rasa sadarnya untuk mendalami Al Quran. Sesuai dengan ajaran Hasan Al Basri yang ia sampaikan, “Perbaiki yang sisa, manfaat kan sebaik-baiknya karena kita tidak tahu kapan Rahmat Allah datang, dan bulan Ramadhan merupakan salah satu pintu dari datangnya Rahmat Allah”.

Kegiatan yang digelar pada sore hari ini dilanjutkan dengan buka bersama. Ditutup dengan perpindahan peserta untuk sholat maghrib di Masjid Ulul Albab dan melaksanakan shalat tarawih bersama.

Penulis : M. Nabiel Firdausi & Salma Akira Prihatmoko
Editor : Isma