Sambutan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) merupakan Fakultas Kedokteran tertua ke-2 di Indonesia. Saat ini, FK UNAIR berusia 108 tahun sejak didirikan sebagai Nederlandsch-Indische Artsen School (NIAS) pada tahun 1913. FK UNAIR telah memulai perjalanan panjang dalam upayanya untuk terlibat dalam mentransformasikan pengetahuan di bidang ilmu kedokteran dan mengabdikan ilmu untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa, negara, dan umat manusia.

 

Hingga saat ini, FK UNAIR memiliki 19 Unit, 28 Departemen, dan 43 Program Studi yang meliputi jenjang Sarjana, Magister, Spesialis, Subspesialis, dan Doktor. Empat puluh tiga Program Studi tersebut meliputi dua program sarjana (Sarjana Kedokteran dan Sarjana Kebidanan), dua program profesi (Profesi Pendidikan Dokter dan Profesi Pendidikan Bidan), lima program magister (Ilmu Kesehatan Reproduksi, Ilmu Kedokteran Olahraga, Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kedokteran Klinik, dan Ilmu Kedokteran Tropis), tiga puluh satu program Spesialisasi/ Sp1, delapan program Subspesialisasi/ Sp2 (Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan Anak, Bedah Digestif, Bedah Kepala & Leher, Obstetri dan Ginekologi, Psikiatri Anak & Remaja, Patologi Klinik, dan Anestesiologi & Terapi Intensif), dan satu program doktor/ S3 Ilmu Kedokteran.

 

Pada masa kepengurusan periode 2020-2025 FK UNAIR memiliki visi Menjadi Fakultas Kedokteran yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, enterpreneurship serta humaniora berdasarkan moral agama. Untuk mewujudkan visi tersebut, terdapat Program dan Action plan yang disebut sebagai The PRIME FK UNAIR, meliputi Professional and student-centered curriculum, Responsive and accessible management system & public problem, Innovation based on education and research, Modern Learning Ecosystem, and Entrepreneurship building program.

 

FK UNAIR terus meningkatkan mutu pendidikan melalui pelaksanaan audit mutu akademik internal yang ketat dan terakreditasi baik secara Nasional (LAMPT-Kes) maupun Internasional. Saat ini 35 Program Studi di Lingkungan FK UNAIR telah terakreditasi oleh LAMPT-Kes dengan predikat Unggul, dan sisanya terakreditasi Baik serta merupakan prodi baru. Selain itu, terdapat dua belas Prodi yang sudah terakreditasi internasional ASIIN (Akkreditierung Sagentur fur Studiengange der Ingenieurwissenschaften der informatik, der Naturwissenschafter und der Mathematik) dari Jerman. FK UNAIR juga memiliki dua Program Studi tersertifikasi AUN (ASEAN University Network), dan dua Program Studi terakreditasi LAMPT-Kes terekognisi WFME (World Federation of Medical Education).

 

Selain peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tata kelola manajerial, FK UNAIR juga senantiasa memperkuat jejaring Kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun laur negeri. Sampai saat ini, FK UNAIR telah memiliki 77 Memorandum of Understanding (MoU) dengan institusi dalam negeri, dan 29 MoU dengan institusi luar negeri, baik dari Asia, Eropa, Afrika, Amerika, dan Australia. Kerjasama ini dibina melalui pertukaran dosen maupun mahasiswa, kerjasama penelitian, dan kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi bagi civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

 

Kami berharap website ini dapat menyajikan informasi yang komprehensif mengenai FK UNAIR, khususnya pada aktivitas Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, program yang ditawarkan, informasi kesehatan, serta informasi bermanfaat lainnya, baik untuk kalangan akademisi hingga masyarakat umum.

 

 

 

Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG-K

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Periode 2020-2025