November 17, 2022

Prodi Doktor Ilmu Kedokteran FK UNAIR Aktif Ikuti Rakernas XI dan Temilnas Konsorsium Ilmu Biomedik Indonesia (KIBI) VII di UGM Yogjakarta

Tim dari Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XI dan Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) Konsorsium Ilmu Biomedik Indonesia (KIBI) VII di Jogjakarta pada tanggal 3 – 5 Nopember 2022. Bertindak sebagai tuan rumah adalah Program Studi S2 Biomedik FK-KMK UGM.

Tim Prodi Doktor Ilmu Kedokteran FK UNAIR yaitu Koordinator Program Studi (KPS) Prof. Dr. Hendy Hendarto, dr.,Sp.OG(K), Sekretaris Program Studi Dr. Arifa Mustika, dr.,M.Si dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Dr. Reny I’tishom, M.Si. Kegiatan ini dihadiri oleh 18 anggota Prodi S2 dan S3 Ilmu Biomedik maupun Ilmu Kedokteran dari seluruh Indonesia yaitu Universitas Syah Kuala Aceh, Universitas Sumatera Utara Medan, Universitas Andalas Padang, Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Yarsi Jakarta, Universitas Padjadjaran Bandung, Universitas Jendral Sudirman Purwokerto, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sultan Agung Semarang, Universitas Gadjah Mada Yogjakarta, Universitas Airlangga Surabaya,  Universitas Brawijaya Malang, Universitas Hasanudin Makassar, Universitas Udayana Denpasar.

Acara ini dibuka oleh Ketua Konsorsium Ilmu Biomedik Indonesia Prof. Dr. Loeki Enggar Fitri, dr.,M.Kes.,Sp.Park. Pemateri utama kegiatan ini Kepala Organisasi Riset Kesehatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yaitu Prof. Dr. Indi Dharmayanti, drh.,M.Si. Topik yang disampaikan adalah Peluang kerjasama Pendidikan dan Penelitian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan institusi Pendidikan di Indonesia.

Agenda lain dari Rakernas adalah pemaparan Jurnal KIBI “Indonesian Archieves of Biomedical Research (InABR)” oleh Editor in Chief Dr. Reny I’tishom, M.Si. Rencana berikutnya yaitu indeksasi Arjuna dan Directory Open Access Journal (DOAJ. Harapannya untuk mewadahi publikasi mahasiswa yang tergabung di KIBI dan juga dari institusi lainnya.

Closing ceremony Rakernas dan Temilnas ini yaitu Hari Sabtu, 5 Nopember 2022 dengan menerima anggota baru Prodi Magister Sains Biomedis FKKGIK UNPRI dan Prodi S2 Ilmu Biomedis FK Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan. (ISH)