Juli 15, 2022

Potensi Kerjasama Riset di Bidang Penyakit Tropik Infeksi dengan UNTL, Timor Leste

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mendapatkan kunjungan dari Universidade Nacional Timor Lorosa’e (UNTL), Timor Leste, Jumat, 15 Juli 2022. Kunjungan ini dalam rangka perkenalan dan penjajakan mengenai kerjasama yang bisa dilakukan antar institusi.

Dekan FK UNAIR, Prof. Dr. Budi Santoso,dr., Sp,OG(K) menjelaskan, FK UNAIR selalu terbuka dengan segala bentu kerjasama dari universitas lain. Termasuk UNTL. Ia berharap banyak hal dalam tri dharma perguruan tinggi yang bisa dikembangkan.

Misalnya riset kolaborasi. Diketahui FK UNAIR memiliki departemen penyakit tropik dan infeksi yang sudah tersohor dan terakreditasi A. Akan menjadi kolaborasi yang bagus jika nantinya ini diwujudkan bersama. Apalagi FK UNAIR dan UNTL Timor leste berada di wilayah tropis.

“Saya kira banyak yang bisa dikerjakan bersama nantinya terkait penelitian penyakit tropis,” tambah Dekan.

Terkait hal ini, akan semakin baik juga jika di UNTL memiliki ahli di bidang tropik infeksi. Mengingat kondisi geografis yang terkait dan tentu membutuhkan ahli di bidang ini.

Usulan ini juga disambut baik oleh Rektor UNTL, Prof. dr. Joao Soares Martins. Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa saat ini ada 400 dosen di kampusnya. 70 orangnya masih tingkat S1 sementara tingkat doktornya hanya ada dua.

“Karenanya kami juga berharap ada kolaborasi di bidang pendidikan. Kami harapkan juga banyak dosen kami yang bisa melanjutkan pendidikan di sini. Salah satunya di bidang penyakit tropik infeksi,” tukasnya. (ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *