September 22, 2022

Pesan Mahfud MD pada Spesialis Baru FK UNAIR

Mahfud MD beserta istri juga hadir dalam sesi Pelantikan Dokter Spesialis dan Subspesialis FK UNAIR Ke 142 ini. Dalam sambutannya mewakili para orang tua yang hadir, ia berpesan agar dokter spesialis yang dilantik hari ini untuk mengabdi kepada masyarakat.

“Kembalikan berkah Allah SWT ini dengan melalui pengabdian saudara semua kepada masyarakat,” pintanya di hadapan 140 dokter spesialis 1 dan 2 yang dilantik.

Pada tahun 1970 an, Kisah Mahfud, profesi dokter sangat jarang. Layanan Kesehatan di daerah hanya ada klinik dan mantri. Dokter hanya ada di kota, itupun hanya akan datang satu minggu sekali. Hal ini karena pada saat itu hanya anak yang sangat pandai dan kaya saja yang bisa menempuh studi Kedokteran.

Dengan kemerdekaan Indonesia, saat ini lahir banyak dokter dan spesialis. Anak yang berasal dari keluarga sederhana pun bisa menempuh pendidikan dokter. “Oleh karena itu, saudara harus mengembalikan berkah ini untuk mengabdikan diri untuk pembangunan Indonesia. Ini adalah hikmah kemerdekaan,” ujarnya.

Apalagi lulus dari UNAIR dan dididik di RSUD. Dr. Soetomo. Di mana dalam catatan sejarah, Dokter Soetomo adalah sosok pahlawan yang berperan penting dalam kebangkitan Indonesia. Pendiri Boedi Utomo yang melahirkan sumpah pemuda, mempersatukan bangsa hingga Indonesia merdeka dan lahir dokter-dokter hebat.

“Setiap saudara memiliki jalan hidup masing-masing, Salah satu firman Allah yang mengibaratkan kehidupan manusia itu seperti air yang mengalir. Setiap air yang mengalir ada juga buih. Ada yang berhenti, berbelok nanti ketemu lagi di mana dan lewat. Jadilah air yang mengalir, yang berdedikasi dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Jangan menjadi buih yang tidak ada manfaatnya,” tukas Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.(ISM)