Agustus 11, 2022

Perlukah Suplementasi Universal Vitamin D pada Ibu Hamil?

Vitamin D sangat diperlukan selama kehamilan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta tumbuh kembang janin dalam rahim secara umum. Kecukupan vitamin D selama kehamilan juga menurunkan risiko berbagai komplikasi kehamilan seperti preeklampsia, diabetes gestasional, dan bayi kecil dalam rahim.

BAGAIMANA KECUKUPAN VITAMIN D PADA BUMIL DI INDONESIA?

Indonesia adalah negara tropis dengan paparan sinar matahari yang berlimpah, yang merupakan sumber utama vitamin D. Sayangnya sebagian besar ibu hamil di Indonesia masih mengalami kekurangan vitamin D. Hal ini dibuktikan dari hasil beberapa penelitian di beberapa daerah.

Penelitian cross sectional di Sumatera Utara yang melibatkan 239 bumil menunjukkan hasil bahwa 82.8% bumil mengalami kekurangan vitamin D pada trimester 1. Faktor prediksi bebas yang terkait dengan kondisi defisiensi vitamin D adalah status ibu rumah tangga, nulipara, lama aktivitas di luar rumah < 1 jam per hari, dan tidak mengkonsumsi supelem vitamin D selama kehamilan (Aji et al. BMJ Pregnancy and Childbirth (2019) 19:183)

Penelitian lain di Sumatera Barat yang melibatkan 203 bumil pada trimester 3 menunjukkan bahwa 61.25% ibu hamil mengalami kekurangan vit D dan 85% tidak memiliki konsumsi harian Vit D yang cukup. Faktor-faktor yang terkait dengan defisiensi vitamin D adalah tinggal di area pegunungan, aktivitas fisik yang rendah, dan berat ibu yang kurang sebelum hamil (Aji SA, et al. Asia Pac J Clin Nutr 2018:27(6):1286-1293)

Studi di Jakarta pada 234 bumil pada trimester 1 menunjukkan bahwa mayoritas ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi termasuk vit D (99.6%), vit A (69.7%), dan Zn (81,2%) dari pemeriksaan darah ibu. Selain itu sebagian besar ibu hamil memiliki asupan nutrisi di bawah rekomendasi standar Institute of Medicine (IOM) dan angka kecukupan gizi (AKG 2013) yaitu energi (88.9%), protein (80.8%), besi (85%), asam folat (74.8%), kalsium (90.6%), dan seng (94.9%)  (Noroyono W, et al. Med J Indones, Vol. 26, No. 2, June 2017)

 

PERLUKAH BUMIL MENDAPAT SUPLEMEN VITAMIN D?

SANGAT PERLU. Berdasarkan hasil beberapa studi di Indonesia tersebut maka bisa disimpulkan bahwa sebagian besar bumil di Indonesia masih mengalami kekurangan Vit D sejak TM 1 sampai TM 3. Suplementasi Vit D untuk bumil sangat diperlukan selain mencukupi kebutuhan dari sumber vit D alami seperti paparan sinar matahari. Pada ibu hamil dengan defisiensi vitamin D, American College of Obstetric and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan pemberian suplementasi vitamin D pada semua ibu hamil yang berisiko mengalami defisiensi vitamin D. Sedangkan pada ibu hamil yang terbukti mengalami defisiensi vitamin D perlu diberikan terapi vitamin D 1000-2000 IU per hari.

Penulis: Dr. Muhammad Ilham Aldika Akbar, dr., SpOG(K)
Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *