Juli 27, 2023

PERICARD: Sigap Berikan Pertolongan Pertama

Acara Main Event PERICARD (PPGD and Cardiology Education Day) yang dilakukan pada tanggal 18 Maret 2023, tepatnya satu minggu setelah pre-event, melibatkan masyarakat di RW 13 Kelurahan Mojo, Gubeng, Surabaya. Kegiatan workshop PERICARD Mengundang dr. Stevanus Chrisputra Pribadi Supit dan dr. Nur Aini M. T. dari Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular RSUD Dr. Soetomo, workshop General Emergency Life Support (GELS/PPGD) berhasil menarik minat peserta. Workshop diikuti sekitar 41 peserta dengan antusias. Acara diawali dengan sambutan dari LOCO CIMSA UNAIR dan Project Officer, kemudian dilanjutkan dengan workshop utama yang dibawakan secara interaktif oleh dr. Stevanus Chrisputra Pribadi Supit dan dr. Nur Aini M. T.

Dalam acara ini, kami juga melakukan penelitian tentang PPGD dan penyakit kardiovaskular. Penelitian ini menggunakan data pre-test dan post-test yang sudah diisi oleh penduduk setempat. Setelah itu, data tersebut kemudian akan diolah menjadi artikel ilmiah dan infografis. Terakhir, acara ditutup dengan pembagian beras dan sembako kepada seluruh peserta. Panitia dan seluruh peserta akhirnya berfoto bersama di penghujung acara.

Kegiatan PERICARD ini ditujukan agar masyarakat umum serta member SCORE CIMSA UNAIR dapat berkesempatan untuk mempelajari terkait Penanggulangan Penderita Gawat Darurat. Materi utama yang disampaikan pada PERICARD ini adalah bagaimana tahapan memberikan pertolongan pertama yang baik dan benar kepada masyarakat dalam situasi darurat. Karena PERICARD merupakan kegiatan workshop maka para peserta bisa langsung mempraktekkan ilmunya dengan melakukan langkah-langkah PPGD. PERICARD (PPGD and Cardiology Education Day) dengan cukup lancar dikarenakan koordinasi yang baik dari panitia pelaksana yaitu SCORE CIMSA UNAIR. Masalah yang dialami rata-rata berupa masalah teknis yang dapat dipersiapkan lagi kedepannya. Diharapkan agar pengalaman dan pembelajaran dari PERICARD dapat diaplikasikan agar pada acara-acara selanjutnya SCORE CIMSA UNAIR dapat meningkatkan kembali prestasi dan pencapaian yang telah diraih.

Penulis : Zaskia Nafisa Salma, Kedokteran 2022