Juli 1, 2024

Peresmian Ruang Sekretariat Sp2 Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di RSUD Dr. Soetomo dan Penghormatan untuk Prof. Thomas Kardjito

Surabaya, 14 Juni 2024 – RSUD Dr. Soetomo dan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) menggelar acara peresmian Ruang Sekretariat Program Pendidikan Subspesialis di bidang Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi dengan nama “Ruang Prof. Thomas Kardjito”. Peresmian ini dilakukan sebagai langkah awal bagi Universitas Airlangga dalam pengembangan program pendidikan sub-spesialis di bidang Pulmonologi. Acara ini tidak hanya sebagai pembukaan fasilitas baru, namun juga menjadi momen penghormatan bagi almarhum Prof. Dr. dr. Thomas V. M. Kardjito Sp.P(K) sebagai salah satu tokoh penting dalam bidang Pulmonologi di Indonesia.

Prof. Dr. dr. Thomas V.M Kardjito, Sp.P(K) adalah seorang ahli Pulmonologi yang telah berkontribusi besar dalam dunia medis. Beliau merupakan seorang Guru Besar di bidang Pulmonologi yang memiliki pengalaman luas dalam diagnosis, penanganan, dan pengobatan penyakit paru. Prof. Dr. dr. Thomas V.M Kardjito, Sp.P (K) juga telah banyak memberikan kontribusi pengembangan Ilmu Paru yaitu dengan melakukan penelitian dan publikasi ilmiah mengenai berbagai masalah kesehatan Paru. Selain itu, beliau juga aktif memberikan edukasi dan pelatihan kepada para mahasiswa kedokteran dan dokter muda dalam mengembangkan kemampuan di bidang pulmonologi. Prof. Dr. dr. Thomas V.M Kardjito, Sp.P(K) telah memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan standar pelayanan kesehatan di Indonesia, serta memperjuangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan paru. Secara keseluruhan, Prof. Dr. dr. Thomas V.M Kardjito merupakan salah satu tokoh yang sangat dihormati dalam bidang Pulmonologi, dan telah berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Acara peresmian dimulai dengan pemberian sambutan dari Dr. dr. Isnin Anang Sp.P (K), FCCP FASPR, FISR selaku Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unair. Beliau menyampaikan apresiasi atas kontribusi besar almarhum Prof. Dr. dr. Thomas V. M. Kardjito Sp.P(K) dalam bidang Pulmonologi di Indonesia dan beliau juga optimis dengan dibukanya Sub-spesialis Pulmonologi Unair, Unair dapat terus memberikan kontribusi manfaat bagi peningkatan pelayanan kesehatan Paru di Indonesia.

Sambutan dilanjutkan oleh Dr. dr. Daniel Maranatha, Sp.P (K) yang memberikan kesan dan kenangan terhadap almarhum Prof. Dr. dr. Thomas V. M. Kardjito Sp.P(K). Dalam sambutannya, dr. Daniel mengenang berbagai pencapaian dan dedikasi Prof. Thomas dalam mengembangkan dan memajukan Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Direktur RSUD Dr. Soetomo yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Direktur bidang Pelayanan Medik RSUD Dr. Soetomo, Prof. Dr. dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K) memberikan sambutan hangat dan menekankan pentingnya peningkatan fasilitas untuk mendukung pendidikan dan penelitian di bidang Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di Surabaya.

Turut hadir dalam acara tersebut keluarga dari almarhum Prof. Dr. dr. Thomas V. M. Kardjito Sp.P(K) yang juga memberikan sambutan menyampaikan rasa terima kasih dan kebanggaannya atas penghormatan yang diberikan serta mengenang dedikasi dan semangat mengajar dari Prof. Thomas selama hidupnya. Setelah sesi doa bersama yang dipimpin oleh dr. Alfian Nur Rosyid Sp.P(K), FAPSR FCCP, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pemberian Plakat Penghargaan dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Universitas Airlangga kepada keluarga Prof. Dr. dr. Thomas V.M. Kardjito, Sp.P(K) sebagai penghargaan atas jasa dan dedikasi Prof. Thomas sepanjang hidup beliau.

Acara selanjutnya adalah pemotongan pita sebagai simbol peresmian ruang sekretariat Sp2 Pulmonologi “Ruang Prof Thomas Kardjito” yang diwakili oleh Kepala Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Dr. dr. Isnin Anang Sp.P (K) FCCP, Wakil Direktur bidang Pelayanan Medik RSUD Dr. Soetomo Prof. Dr. dr. Ahmad Suryawan, Sp.A (K), dan Putri dari Prof. Dr. dr. Thomas V. M. Kardjito Sp.P(K) yaitu dr. Angela Maya Sari, Sp.P.

Pemotongan Pita simbolis sebagai tanda diresmikannya Ruang Sekretariat Sp2 “Ruang Prof. Thomas Kardjito”

Pembukaan ruang sekretariat ini merupakan langkah maju dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan di bidang Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi. Dengan diresmikannya ruang sekretariat Sp2 “Ruang Prof. Thomas Kardjito” ini diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan pengembangan kedokteran Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, serta melanjutkan dan mengembangkan visi dan misi almarhum Prof. Thomas Kardjito dalam meningkatkan kualitas kesehatan respirasi di Indonesia.

Tampak Dalam Ruang Sekretariat Sp2 “Ruang Prof. Thomas Kardjito”