Agustus 11, 2022

Peran Mahasiswa Profesi Prodi Kebidanan FK UNAIR dalam Deteksi Dini Kanker Payudara di Puskesmas Dukuh Kupang Surabaya

Program Profesi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menyelenggarakan kegiatan praktik manajemen puskesmas dan kebidanan komunitas di wilayah kerja Puskesmas Dukuh Kupang Surabaya. Sebanyak enam mahasiswa telah melaksanakan kegiatan sejak tanggal 20 Desember 2021 – 15 Januari 2022. Kegiatan ini merupakan implementasi nyata pembelajaran manajamen dalam jenjang profesi kebidanan. Pada minggu pertama mahasiswa telah melaksanakan kegiatan pengkajian, pengumpulan data, serta analisis situasi untuk menentukan beberapa masalah prioritas yang akan ditindaklanjuti

Prioritas masalah ditentukan berdasarkan hasil focused group discussion bersama Bidan Koordinator Puskesmas Dukuh kupang adalah rendahnya cakupan IVA dan SADANIS penyuluhan IVA dan SADANIS yang dilaksanakan di Puskesmas Dukuh Kupang dan Gebyar IVA dan SADANIS yang dilaksanakan di wilayah binaan.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada Sabtu, 08 Januari 2022 pada pukul 09.00 WIB dengan sasaran seluruh WUS di Wilayah Puskesmas Dukuh Kupang. Selama kegiatan peserta antusias dan turut aktif bertanya dan menanggapi mengenai materi yang dijelaskan. Gebyar IVA telah dilaksanakan pada Rabu, 12 Januari 2022 pada pukul 09.00 WIB di rumah Kader RT 04 RW 07 Kelurahan Dukuh Kupang. Peserta IVA yang hadir sebanyak 15 peserta. Peserta melakukan skrining, informed concent, dan persiapan pasien sebelum dilakukan IVA. Pemeriksaan dilakukan oleh mahasiswa dan didampingi oleh Bidan Koordinator. Sebagian besar peserta mengaku  pertama kali melakukan pemeriksaan IVA. Para peserta sangat antusias dan ingin melakukan pemeriksaan IVA secara rutin. Kesadaran terkait deteksi dini merupakan tujuan utama kegiatan yang dilakukan sehingga masyarakat dapat berdaya untuk mengoptimalkan derajat kesehatannya khususnya Kesehatan ibu. Kegiatan tersebut merupakan salah satu peran aktif Prodi Kebidanan FK Unair dalam SDGs 3 yaitu good health and wellbeing.

Penulis :

Euvanggelia Dwilda Ferdinandus,S.Keb.,Bd.,M.Kes

Wahyul Anis,S.Keb.,Bd.,M.Kes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *