Agustus 25, 2022

Penyuluhan Di Desa Mulyorejo, Lawang, Malang, Dokter Muda Ilmu Kesehatan Masyarakat – Kedokteran Pencegahan (IKM-KP)

Penyuluhan oleh Dokter Muda IKM-KP FK UNAIR di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang berlangsung selama 1 hari, pada tanggal 10 Agustus 2022. Topik penyuluhan yang diangkat tentang kunjungan balita di posyandu dengan sasarannya adalah para ibu dengan balita usia 0-59 bulan. Pemilihan topik tersebut selaras dengan penelitian yang kami usulkan saat stase di Murnajati, yang bertajuk “Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Balita Di Posyandu Desa Mulyoarjo, Kecamatan lawang, Kabupaten Malang”.

Penyuluhan dilaksanakan oleh 8 Dokter Muda yang tersebar di 4 (Paras, Watugel 1, Watugel 2, Pakutukan) dari 6 dusun  yang ada di Desa Mulyoarjo. Nama Dokter Muda yang ikut yaitu Ishami Yusrinasari Purnama, Rendra Rahmawan, Aji Arya Rachmat Arief, Mochamad Wildan, Evelyn Asaleo, Naila Adibah, Yuhenanda Dary Pratama dan Arta Rahman dibawah bimbingan Dosen FK UNAIR Dr.  Sulistiawati, dr., M.Kes dan Dr. Handayanto, dr., M.M.

Penyuluhan dilakukan secara door-to-door ke rumah warga, dimulai dari pagi hari pada pukul 07.30 hingga siang hari sekitar pukul 14.30 WIB. Tidak hanya melalui lisan, tetapi Tim Pengmas juga menuangkan edukasi singkat tentang kegiatan dan manfaat kunjungan balita ke posyandu dalam bentuk leaflet. Selain itu, leaflet juga berisi tentang dampak negatif yang dapat dialami oleh anak, bilamana ibu balita tidak rutin melakukan kunjungan kesehatan balita ke Posyandu, salah satu nya adalah akibat dari kekurangan Vitamin A.

Para ibu tampak antusias mendengar penjelasan singkat tentang kunjungan balita ke Posyandu sembari membaca leaflet yang telah dibuat. Terlebih lagi, sebagian besar ibu di Desa Mulyoarjo memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang, “apakah anaknya sudah mendapatkan manfaat yang optimal dari kunjungannya ke posyandu”. Melalui penyuluhan ini, Tim Pengmas berharap masyarakat Desa Mulyoarjo, khususnya ibu dengan balita, mendapatkan penjelasan yang komprehensif mengenai pentingnya peran Posyandu demi kebaikan tumbuh kembang anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *