Agustus 25, 2022

Penyuluhan Di Desa Bedali, Lawang, Malang Oleh Dokter Muda IKM-KP

Tim Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UNAIR yang terdiri dari delapan Dokter Muda yaitu Alma Dhiani Paramita, Farhan Nur Ahmad Dzakiya, Safira Zakira, Kevin Andana Haris Soetjahjo, Anindya Citra, Derryl Rasad Texaga, Firda Fauziah Hidayat, Aldo Aditya Suprijadi dibawah bimbingan Dr.  Sri Umijati, dr., MS dan Priyo Raharjo,SKM,M.Psi mengadakan Penyuluhan Kesehatan di Desa Bedali, Lawang Malang pada tangal 7-13 Agustus 2022.

Tim FK UNAIR yang berjumlah delapan orang dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing berkunjung ke salah satu RW. setiap RW memiliki pos pelayanan terpadu (posyandu) yang menjadi pusat penyelenggaraan program kesehatan. Tim pun menjadikan posyandu sebagai tempat memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat Desa Bedali.

Hari kedua Tim FK UNAIR pada tanggal 8 Agustus 2022 di Kecamatan Lawang melakukan survey terkait permasalahan yang ada di Desa Bedali. Tim Pengmas menemukan bahwa tingkat kejadian infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) banyak terjadi pada bayi bawah lima tahun (balita). Tingginya angka kejadian kesakitan ini mengakibatkan terganggunya proses pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor tingginya angka stunting pada anak.

Bersamaan dengan diadakannya Bulan Imunisasi Anak Nasional Tim Pengmas FK UNAIR mengadakan penyuluhan serta pengambilan data di posyandu Desa Bedali pada tanggal 10 Agustus 2022. Penyuluhan diadakan menggunakan leaflet yang membahas tentang ISPA pada balita. Para ibu balita sangat aktif dalam mengikuti kegiatan penyuluhan ini serta para ibu pun bersedia menjadi subyek pengambilan data.

Dokter muda memiliki peran yang sangat besar terkait kesehatan masyarakat sebab masih memiliki banyak waktu untuk terjun ke masyarakat dan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat. Melalui penyuluhan ini, Tim Pengmas FK UNAIR berharap para ibu di Desa Bedali menjadi semakin mengerti dan memahami mengenai ISPA. Di samping adanya penyuluhan, beberapa Dokter Muda juga turut membantu memberikan konsultasi kesehatan secara gratis pada Bulan Imunisasi Anak Nasional di Desa Bedali. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *