Agustus 25, 2022

Penyuluhan Dampak Merokok Bagi Kesehatan Masyarakat oleh Dokter Muda FK UNAIR

Pada tanggal 10-11 agustus 2022 Dokter Muda FK UNAIR mengadakan penyuluhan tentang dampak merokok bagi kesehatan masyarakat. Tujuan  Pengmas memberikan pemahaman tentang dampak paparan asap rokok perokok pasif terhadap penyakit infeksi saluran pernapasan atas.

Tim Pengmas melakukan penyuluhan pada saat door to door ke rumah warga ketika mengambil data untuk penelitian. Dengan berfokus pada responden perokok pasif, kami menjelaskan dampak paparan asap rokok dan bahayanya zat kimia yang ada dalam rokok. Hal ini dilakukan dikarenakan tim pengmas ingin target audience penyuluhan tepat target, yaitu orang yang merokok atau orang yang memiliki keluarga atau memiliki kontak erat dengan perokok, sehingga kami mengharapkan mereka juga dapat menyebarkan bahayanya rokok kepada lingkungan mereka dan dapat menekan jumlah asap rokok yang ada pada Dusun Krajan, Desa Sidodadi, Lawang, Malang.

Tim Pengmas melakukan penyuluhan disertai dengan membagikan leaflet yang berisi tentang bahaya asap rokok yang salah satunya adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Hal ini diakibatkan kandungan asap rokok yang dapat mengiritasi Saluran Pernapasan Atas sehingga menyebabkan infeksi. Selain itu, leaflet juga berisi dampak positif berhenti merokok dan langkah-langkah untuk menghindari pengaruh asap rokok.

Dengan isi leaflet tersebut Tim Pengmas berharap, masyarakat memiliki sedikit ketakutan akan bahayanya rokok dan dapat meningkatkan kesadaran akan kesehatan sehingga dapat mengurangi jumlah asap rokok yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *