November 29, 2023

Pentingnya Vitamin D pada Anak dengan Sindrom Down

Sindrom Down merupakan kondisi genetik yang berasal dari ketidaknormalan pada kromosom manusia. Orang yang mengidap sindrom ini umumnya menghadapi sejumlah tantangan terkait kesehatan, yang mencakup perbedaan dalam perkembangan fisik dan mental dibandingkan dengan individu yang tidak memiliki sindrom ini. Belakangan ini, fokus penelitian telah mengungkap kemungkinan peran Vitamin D dalam mengatasi beberapa aspek yang terkait dengan sindrom Down.

Vitamin D dikenal sebagai “vitamin sinar matahari” karena tubuh manusia dapat mensintesisnya dengan terpapar sinar matahari. Vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, fungsi otak, dan berbagai proses metabolisme penting lainnya. Defisiensi Vitamin D telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kekebalan, gangguan tulang, dan bahkan risiko penyakit mental.

Penelitian-penelitian terbaru telah memusatkan perhatian pada kemungkinan hubungan antara tingkat Vitamin D dengan kondisi fisik dan mental pada individu yang mengidap sindrom Down. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak orang dengan sindrom Down mengalami kekurangan Vitamin D. Kekurangan ini bisa meringankan masalah kesehatan yang sudah ada pada individu dengan sindrom Down, seperti peningkatan risiko osteoporosis dan masalah kognitif.

Meskipun terdapat bukti awal yang menjanjikan tentang manfaat Vitamin D bagi individu dengan sindrom Down, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami dengan lebih baik keterkaitan ini. Perbedaan individu, dosis yang tepat, dan durasi pemberian suplemen Vitamin D merupakan beberapa aspek yang perlu dipelajari lebih lanjut untuk mengoptimalkan manfaatnya.

Kebanyakan orang bisa memenuhi kebutuhan Vitamin D mereka dengan paparan sinar matahari yang cukup.. Selain dari sinar matahari, beberapa makanan juga merupakan sumber Vitamin D yang baik. Ikan sejenisnya seperti salmon, tuna, dan mackerel mengandung Vitamin D yang tinggi. Telur, terutama kuning telurnya, juga merupakan sumber yang baik. Produk susu seperti susu, yogurt, dan sereal yang diperkaya dengan Vitamin D juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin ini. Selain itu, suplemen Vitamin D tersedia untuk memastikan kecukupan asupan bagi individu yang mungkin memiliki keterbatasan dalam memperolehnya melalui sinar matahari atau makanan.

“Asupan Vitamin D pada pasien dengan sindrom Down dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah usia dan paparan sinar matahari” ujar Dr. Nur Rochmah, dr., Sp.A(K), salah staf Departemen Anak subspesialis Endokrin FK UNAIRRSUD Dr Soetomo, Surabaya

Vitamin D memiliki potensi besar dalam mendukung kesehatan fisik dan kognitif individu dengan sindrom Down. Namun, sementara bukti awal menunjukkan manfaatnya, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai atau mengubah rejimen suplemen Vitamin D. Dengan penelitian lebih lanjut, harapan akan penggunaan yang tepat dan efektif dari Vitamin D bagi individu dengan sindrom Down semakin terbuka lebar.

Penulis: Nabilah Wairooy

Referensi:

Rochmah, N., Faizi, M., Hisbiyah, Y., Perwitasari, R. K., Nuzula, T. M., Qurnianingsih, E., & Faizah, Z. (2024). Determinant Factors of Vitamin D Levels in Down Syndrome of Indonesian Children. Journal of Medicinal and Chemical Sciences7(2), 383-391. doi: 10.26655/JMCHEMSCI.2024.2.10

November 29, 2023 News