Januari 11, 2024

Peningkatan Keampuan Debat untuk Anggota AMSA

Boosting Capabilities in Debating with AMSEP (BICEPS) adalah serangkaian kegiatan pelatihan debatyang diadakan oleh divisi AMSEP AMSA-UNAIR sebagai salah satu program kerja wajib. Tujuan BICEPS ini adalah meningkatkan wawasan dan keterampilan anggota AMSA dalam mendalami debat yang pada akhirnya akan menjadi delegasi di NAE nantinya. Pada kesempatan kali ini, BICEPS dapat dilaksanakan secara offline dengan mengundang pihak eksternal yang sudah expert di bidangnya sebagai pemateri. Alhasil, tujuan akhir diadakannya kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan anggota AMSA yang tertarik dalam bidang debat untuk mengajukan diri menjadi academic delegates di NAE, di mana pada tahun ini diambil tema “Emergency Medicine”.  

Pada sesi pertama, peserta akan mendapatkan pemaparan seminar terkait pengenalan debat oleh pemateri dari eksternal, yaitu Aditya Janu Permana, S.H. Saat sesi ini, anggota AMSEP banyak belajar mengenai dasar, mekanisme, bahkan contoh dan jenis debat yang digunakan dalam kompetisi. Selanjutnya juga, terdapat sesi sharing session bersama kak Andrea (Kedokteran, 2021) selaku pemenang NAE English Debate Competition tahun 2022.   

Bagian yang tidak kalah penting adalah beberapa anggota AMSEP mendapatkan kesempatan untuk mencoba simulasi debat yang dibimbing oleh kak Janu dan juga kak Andrea. Ini merupakan bekal awal untuk menjadi salah satu delegasi pada NAE nantinya. Di sini kita  juga belajar arti debat, mosi debat yang diangkat, pembahasan yang diangkat setiap orangnya  yang bisa dilakukan lebih mendalam dan lebih terstruktur lagi. Ada juga masukan dari kak Janu maupun kak Andrea kepada setiap peserta yang melakukan simulasi agar mampu meningkatkan kemampuan debat anggota AMSA kedepannya.

Secara umum, BICEPS berjalan dengan lancar dan berakhir sesuai dengan rencana. Masalah yang muncul kemarin adalah beberapa anggota AMSA yang datang terlambat dari waktu dimulainya acara, namun itu bukan permasalahan yang berarti karena rentang keterlambatan tidak begitu jauh. Mengingat BICEPS adalah program kerja yang rutin dilaksanakan di divisi AMSEP AMSA-UNAIR, maka hasil yang diperoleh saat ini dapat dikategorikan sebagai pencapaian yang baik.  

Peserta yang datang juga dari berbagai divisi di AMSA, seperti RNA, MND, CO, dan pastinya AMSEP juga. Semoga kepengurusan selanjutnya dapat melebihi pencapaian BICEPS tahun ini dan dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas program kerja yang bermanfaat.

Penulis : Shella Harjono, Kedokteran 2022