Februari 29, 2024

Pengmas Prodi Andrologi FK UNAIR di SD Negeri Model Banyuwangi

Program Studi Spesialis Andrologi, Departemen Biologi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga-RSUD Dr. Soetomo melaksanakan pengabdian masyarakat dengan topik “Pemberdayaan Kader Kesehatan Reproduksi Melalui Pemeriksaan Mikropenis dan Hipospadia Siswa SDN Model Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi”. Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Dr. Reny I’tishom, M.Si bersama dr. Agustinus, dr.,Sp.And.,K-FER dan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Andrologi FK UNAIRRSUD. Dr. Soetomo Surabaya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2024 di SD Negeri Model Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada orang tua dan guru dengan harapan mereka dapat menularkan ilmu yang didapat dari edukasi ini kepada orang tua murid yang lain mengenai Kesehatan Reproduksi anak laki-laki, apakah organ reproduksi nya normal atau tidak yaitu mikropenis dan hipospadia.

Pada pengabdian masyarakat ini selain memberikan edukasi kepada orangtua murid dan guru, juga dilakukan pemeriksaan secara langsung kepada siswa laki-laki apakah mengalami mikropenis atau hipospadia. Sebelum dilakukan pemeriksaan orang tua juga dijelaskan tentang tujuan dan manfaat pemeriksaan alat kelamin putra nya, bahkan orang tua murid dipersilahkan melihat langsung bagaimana cara melakukan pemeriksaan mikropenis dan hipospadia. Pelaksanaan kegiatan ini untuk legalitas juga mendapat Sertifikat Kelaikan Etik dan Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Orangtua murid juga wajib mengisi informed consent (Pernyataan kesediaan) anaknya diperiksa.

Pengabdian masyarakat ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SDN Model Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi Drs. Idham Kholid. Dalam kesempatan ini ketua tim pengmas Dr. Reny I’tishom, M.Si menyampaikan pentingnya edukasi seperti ini karena kasus mikropenis dan hipospadia juga meningkat. Di musim liburan sekolah banyak pasien anak-anak yang datang ke Poli Andrologi. Penjelasan mengenai Mikropenis dan hipospadia disampaikan langsung oleh ahlinya dr. Agustinus, Sp.And.,K-FER dari FK UNAIR-RSUD. Dr. Soetomo-RS. Universitas Airlangga Surabaya. Dr. Agus, biasa dipanggil menyampaikan bahwa kesehatan reproduksi sangat penting pada anak laki-laki sejak dini. Deteksi dini ini akan membantu mengurangi anak laki-laki di kemudian hari mengalami infertilitas. Penanganan yang tidak tepat dapat menyebabkan gangguan psikologis, gangguan kesehatan dan gangguan kesuburan.

Sebelum diberikan edukasi, peserta diberikan pretest terkait kesehatan reproduksi pria. Setelah pemberian materi peserta juga harus menjawab post test, dengan tujuan sampai seberapa pemahaman orangtua dan guru terhadap materi yang diberikan. Di akhir sesi diberikan waktu tanya jawab dan setelah itu pemeriksaan mikropenis dan hipospadia di ruang periksa khusus yang telah disediakan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Penulis (Ishom dan Agustinus)