November 30, 2023

Pengmas Mandiri Internasional Dosen IKM-KP dan Mahasiswa Inbound Erasmus University tentang Pencegahan DBD

Pada hari Senin, 23 Oktober 2023, Jam 09.00-11.00 di Puskesmas Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur dilakukan penyuluhan Kesehatan bersama dengan kader kesehatan setempat. Topik penyuluhan tentang Pencegahan dan Penangangan DBD dengan metode ceramah menggunakan poster. Penyuluhan dilakukan dengan sasaran pasien di ruang tunggu Puskesmas Wongsoredjo dengan jumlah sasaran sekitar 20 orang.

Indonesia adalah negara tropis dan kedua spesies utama nyamuk penular infeksi DENV yaitu Aedes aegypti dan Aedes albopictus dapat ditemukan pada hampir di semua wilayah (Kraemer et al., 2015). Infeksi virus Dengue/ Dengue Virus (DENV) merupakan penyakit infeksi yang perlu diperhatikan karena dapat menjadi ancaman kesehatan global. Pada tahun 2020 Provinsi Jawa Timur menempati urutan ke-3 terbesar daerah dengan kasus DBD tertinggi. Jumlah penderita DBD di Jawa Timur pada tahun 2020 adalah sebanyak 8.567 penderita.

Mewabahnya Demam Berdarah Dengue (DBD) di sejumlah daerah di Jawa Timur saat ini mulai di­waspadai sejumlah kalangan termasuk Banyuwangi. Dinas Kesehatan Banyuwangi mencatat, ada sebanyak 220 warga terjangkit demam berdarah dengue (DBD). Jumlah tersebut terhitung sejak periode Januari hingga akhir Juli 2023, dimana 4 orang diantaranya meninggal dunia. adanya peningkatan kasus DBD tersebut disebabkan siklus cuaca di Banyuwangi tidak menentu, yang bisa meningkatkan peluang perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. Beberapa daerah dengan peningkatan kasus DBD di Banyuwangi merupakan wilayah perkotaan dan minim resapan air, yang mengakibatkan genangan, yang bisa menjadi tempat yang efektif bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Penyuluhan dilakukan oleh dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat-Kedokteran Pencegahan (IKM-KP) Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga Dr. Sulistiawati., dr., M.Kes dan Linda Dewanti, dr., M.Kes., MHSc., Ph.D. bersama mahasiswa inbound dari Erasmus University; Noura Ahrui, Rana Fawzy, Salma Bouchnafi Boujaid, Eman Boujaid, dan Angelique Wu. Saat penyuluhan dibagikan door-price kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan. Peserta sangat antusias mendengarkan penyuluhan dan berlomba menjawab pertanyaan.