Agustus 12, 2022

Pengmas BEM KM FK UNAIR Edukasi Stunting Posyandu Balita Desa Kuripansari dengan Poster Pro-Fe-Si-On-Al

Pembukaan Desa Binaan Pengmas FK UNAIR dilaksanakan pada Minggu, 7 Agustus 2022 yang dilaksanakan di Balai Desa Kuripansari, acara pembukaan dihadiri oleh beberapa perangkat desa dan perwakilan dari pengmas FK UNAIR. Pembukaan desa binaan diresmikan dengan menandatangani MoU dan pemotongan tumpeng sebagai ucapan selamat datang. Di Samping pembukaan acara tersebut terdapat posyandu balita yang disertai dengan edukasi stunting.

Stunting merupakan masalah kurang gizi yang umumnya rentan terhadap penyakit dan memiliki tingkat kecerdasan di bawah normal sehingga produktivitas rendah (P2TM Kemenkes RI). Edukasi tersebut Pengmas FK UNAIR lakukan untuk menyebarluaskan informasi mengenai stunting pada masyarakat Desa Kuripansari, terutama kepada ibu yang sedang membawa anaknya untuk melakukan imunisasi pada kegitan posyandu balita dan bayi. Edukasi ini dilaksanakan selepas ibu dan anaknya melakukan kegiatan posyandu seperti pengukuran berat badan, tinggi badan, pemberian roti balita, vitamin dan imunisasi anak.

Kemudian, PENGMAS BEM KM FK UNAIR memberikan wawasan terhadap ibu mengenai stunting yang telah disampaikan pada poster dengan judul Pro – Fe – Si – On – Al. Poster ini berisi tentang pengetahuan dasar mengenai stunting sendiri dan prevalensi stunting di Indonesia berdasarkan hasil pemantauan status gizi (PSG)  2016 mencapai 27,5% sehingga kami melakukan sharing mengenai penyebab terjadinya stunting. Penyebab stunting seperti rendahnya asupan gizi, kebersihan lingkungan, pola asuh orang tua, dan faktor genetik juga berpengaruh terhadap angka kejadian stunting. Pro – Fe – Si – On – Al merupakan sebutan bentuk pencegahan terhadap stunting dengan Pro: Protein (Telur)  ; Fe: Zat besi (sayuran hijau) ; Si: Nasi ; On: Iodium (garam) ; Al: Kalsium (susu dan ikan). Dengan edukasi tersebut, PENGMAS FK UNAIR berharap masyarakat mengetahui dan memahami pentingnya kejadian stunting pada anak.

Oleh : Nahdah Aulia dan Risma Novalina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *