September 18, 2022

Pemeriksaan Kesehatan Gratis FK UNAIR Diminati Warga

Tak hanya senam dan jalan sehat, FK UNAIR juga membuka layanan kesehatan gratis kepada masyarakat dalam peringatan Dies Natalis UNAIR Ke 68 dan Pendidikan Dokter di Surabaya Ke-109. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Rektorat Kampus C UNAIR.

Beberapa departemen di FK UNAIR- RSUD. Dr. Soetomo pun membuka layanan. Mulai dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Jantung, THT dan Mata. Selain itu, Departemen Obstetri dan Gynekologi dan Mikrobiologi Klinik juga berkolaborasi membuka layanan PapSmear untuk ibu-ibu.

Setelah kegiatan senam dan jalan sehat, ratusan orang mengantre di depan booth pemeriksaan yang ada di gedung dan halaman samping rektorat. Masing-masing datang dengan keluhannya. Seperti mata kabur, gangguan pendengaran.

Booth pemeriksaan tensi, gula darah dan kolesterol juga menjadi booth yang antriannya paling panjang.

Salah satunya, Suharto. Pria paruh baya ini rela datang jauh-jauh dari Tanggulangin agar bisa mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis.

“Pemeriksaan gratis begini sangat membantu masyarakat. Saya berharap ini bisa rutin dilakukan,” jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Yanti Kristanti. Perempuan asal Gubeng Masjid ini juga memanfaatkan layanan pemeriksaan PapSmear. Rupanya ini menjadi pengalaman papsmear pertamanya sejak lahir hingga berusia 41 tahun ini.

Rektor UNAIR, Prof. Dr. Muhammad Nasih, SE., MT.Ak juga turut melakukan pemeriksaan tensi darah di booth FK. Ia juga memberikan apresiasi pada kegiatan yang memberi banyak manfaat untuk masyarakat sepert ini. “

Sebagai fakultas yang memiliki keunggulan bisa memberikan layanan kesehatan, maka sudah sepantasnya kegiatan semacam ini diberikan. Dan luar biasa direspon baik oleh masyarakat,” ujarnya.

Dekan FK UNAIR, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG(K) menuturkan, setiap mendapat putaran penyelenggaraan perayaan dies natalis, FK konsisten memberikan layanan kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan ini kalau dilakukan langsung di rumah sakit bisa 400 hingga 500 ribu, jadi kami harapkan ini bisa membantu masyarakat,” terang dekan.

Pemilihan departemen yang berpartisipasi, lanjut dekan, menimbang kebutuhan umum yang ada di masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh ribuan orang. Mulai dari mahasiswa lintas angkatan, staf dan tenaga kependidikan hingga masyarakat sekitar. Dengan antusias masyarakat mengikuti jalannya kegiatan yang diselenggarakan dari pukul 06.00 WIB pagi ini.

“Dies Natalis seperti ini juga sekalian menjadi ajang untuk mempererat keakraban oleh Warga FK UNAIR dan Alumni,” tambah Ketua Dies Natalis FK UNAIR Ke 108, Dr. Isnin Anang Marhana, dr., SpP(K).,FCCP., FISR., FAPSR.

Penulis : Ismaul Choiriyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.