Juni 12, 2023

Pemeriksaan Gratis untuk Lansia oleh Staf Dokter Spesialis dan PPDS FK UNAIR

Pada perayaan hari lansia di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR), Selasa, 6 Juni lalu, diselenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis di Ruang Sidang A. Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini melibatkan dokter spesialis dan PPDS dari beberapa departemen di FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo, seperti departemen Ilmu Penyakit Dalam divisi Geriatri, Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, serta Orthopaedi dan Traumatologi.

Selain kegiatan ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) juga telah menjadwalkan posyandu lansia setiap tiga bulan sekali setiap hari Kamis. Posyandu ini akan dilaksanakan di kantor DWP FK UNAIR. Meskipun saat ini layanan tersebut terbatas untuk staf dan tenaga kependidikan di lingkungan UNAIR, namun ke depannya posyandu lansia ini akan dibuka untuk umum.

Setelah senam usai, para lansia ini diajak untuk memeriksakan kesehatan tubuhnya. Memeriksa tensi, asam urat hingga gula darah. Tak sedikit juga yang berkonsultasi mengenai keluhan nyeri yang dirasakan.

“Kami memahami, lansia rentan menderita penyakit degeneratif. Karenanya dalam peringatan hari lansia ini, kami juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Semoga bermanfaat untuk membantu mendiagnosa dan meringankan keluhannya,” ujar Ketua DWP FK UNAIR, Dra. Elmi Mufidah, Apt. M. Kes.