Januari 25, 2024

Partisipasi Prodi Kebidanan dalam Mensukseskan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 di Kota Surabaya

Pada Desember 2023 dan Januari 2024, Kementerian Kesehatan RI melaporkan 3 kasus lumpuh layu akut (Acute Flaccid Paralysis/AFP) di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan gejala awal mengalami sakit demam, muncul nyeri pada persendian, dan kelemahan anggota gerak. Hal ini adalah kejadian pertama sejak Indonesia dinyatakan bebas polio pada tahun 2014 di mana pada waktu itu Indonesia mendapatkan sertifikat eradikasi polio (Indonesia Bebas Polio). Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah serta Kabupaten Sleman, DIY Yogyakarta. Sasaran Sub PIN Polio ini menargetkan anak berusia 0 sampai 8 tahun kurang sehari, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Artinya, meski status imunisasi sudah lengkap, anak tetap harus mengikuti program Sub PIN Polio. Imunisasi tersebut dapat memberikan perlindungan tambahan pada sistem kekebalan tubuh dari penyakit Polio.

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR), dalam hal ini Program Studi Kebidanan, sebagai Center of Excellence (COE) Pendidikan Kebidanan di Indonesia berkesempatan untuk terlibat dalam kegiatan Sub PIN Polio Putaran ke-1 di Kota Surabaya. Program Studi Kebidanan mengirimkan 11 mahasiswa sebagai volunteer yang disebar pada 5 puskesmas selama 3 hari, tanggal 19-21 Januari 2024 untuk mengikuti kegiatan Sub PIN Polio di Kota Surabaya.  Nama-nama mahasiswa yang berpartisipasi antara lain Langgeng Fatilatul Ummah, Gayatri Ayu Prameswari, Syafi’atun Atiqoh, Rilla Aulia Sandra, Muminah, Nahdia Ratus Suhaimi, ⁠Isha Akastia, Adinda Kristiarahayu, Annisa Angelina, Ardhila Luthfiana, Rosita Widarti. Dalam kegiatan ini turut hadir pula Ivon Diah Wittiarika, S.Keb., Bd., M.Kes. dan Agnestia Naning Dian Lovita S.Keb., Bd., M.Keb. sebagai dosen pendamping mahasiswa. Kegiatan Sub PIN Polio dilaksanakan di tempat-tempat umum dan sweeping secara door to door ke rumah warga untuk percepatan imunisasi polio.

Kegiatan Sub PIN Polio Putaran ke-1 ini sukses dilaksanakan secara kolaboratif bersama seluruh elemen masyarakat berbasis wilayah, meliputi Organisasi Perangkat Daerah, Organisasi Masyarakat, Organisasi Profesi, Institusi Pendidikan, Swasta, Corporate Social Responsibility (CSR) dan partisipasi aktif masyarakat Kota Surabaya. Cakupan Sub PIN Polio Kota Surabaya pada tanggal 21 Januari 2024 pukul 16.14 WIB menunjukkan 102,68%. Selanjutnya, rencana Sub PIN Polio Putaran ke-2 akan dilaksanakan pada tanggal 19-25 Februari 2024 serentak di seluruh Kota Surabaya.