September 26, 2022

Optimalisasi TK pada Desa Binaan Kuripansari Departemen Pengmas BEM KM FK UNAIR

Pada Sabtu, 17 September 2022 Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FK UNAIR mengadakan kegiatan Desa Binaan yang ke-3. Dalam rangkaian kegiatan tersebut salah satunya yaitu Optimalisasi TK dengan tema “Personal Hygiene” tepatnya di TK Dharma Wanita Desa Kuripansari, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto. Kegiatan tersebut dimulai pukul 8 pagi dengan target peserta berjumlah 40 anak. Bentuk optimalisasi TK yang diberikan pun juga beraneka ragam, menyesuaikan dengan cara untuk menarik perhatian anak-anak.

Selain tim departemen pengabdian masyarakat, acara juga diramaikan oleh beberapa relawan dari mahasiswa FK UNAIR. Kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan tepuk semangat, pengenalan kakak-kakak pendamping dan juga pembagian kelompok dengan nama-nama hewan. Di dalam 1 kelompok terdapat 5 siswa dengan 1 orang kakak pendamping yang akan membantu mengarahkan kegiatan. Untuk mengenalkan materi tentang personal hygiene, tim departemen pengabdian masyarakat membawa inovasi lewat dongeng  hewan menggunakan boneka tangan. Diperagakan dengan cerita seekor kelinci bernama ‘Cici’ yang malas untuk mencuci tangan sehingga ia diserang oleh kuman-kuman. Dongeng tersebut disambut antusias oleh adik-adik TK. Mereka ikut semangat berinteraksi dan  memberikan respon positif atas cerita yang dibawakan.

Dongeng kemudian disambungkan dengan edukasi mengenai pentingnya cuci tangan, kapan saja harus mencuci tangan, dan bagaimana langkah yang tepat untuk mencuci tangan yang baik dan benar. Tim departemen pengabdian masyarakat juga menyiapkan lagu 6 langkah mencuci tangan untuk membantu adik-adik dalam mempelajarinya. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan praktik cuci tangan yang benar bersama para pendamping kelompok. Masing-masing anak bernyanyi dan mempraktikan langsung cara cuci tangan yang baik dan benar.

Setelahnya, juga terdapat kegiatan games dan mewarnai. Para adik-adik TK tersebut juga banyak bercerita dan semangat dalam melaksanakan rangkaian acara. Pada akhir kegiatan optimalisasi TK, kegiatan ditutup dengan pembagian snack untuk para siswa dan pengumuman pemenang lomba mewarnai.

Feedback yang didapat dari guru maupun siswa dinilai cukup positif terhadap kegiatan optimalisasi ini. Mereka berharap bahwa kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali dikemudian hari. Semoga kegiatan yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat dan memberikan inspirasi bagi tahun-tahun selanjutnya.

Oleh: Aisyah Berliana Salsabila