Juni 24, 2024

MoU FK Unair dan RSDS dengan University of Verona

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) dan Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya (RSDS) menandatangani MoU dengan University of Verona, Italia. MoU dilakukan di University of Verona pada Kamis, 20 Juni 2024.

Dekan University of Verona diwakili oleh Prof. Fransesco Sala menuturkan, MoU ini akan meningkatkan kolalorasi akademik ke depan antar dua institusi. Di tahap awal, kolaborasi ini akan dilakukan dengan pertukaran PPDS (resident exchange)

“Di tahun ini kami dari Univesity of Verona akan mengirimkan residen ke Surabaya yang akan berangkat akhir tahun ini,” ujar kepala departemen bedah saraf ini.

Disampaikan oleh Wakil Direktur RSDS, Dr Damayanti Tinduh, dr., Sp. K.F.R, pertukaran PPDS ini memungkinkan adanya tukar ilmu maupun kolaborasi riset klinis yang akan memajukan dua institusi.

“Kami menyambut baik kolaborasi ini. Kami harapkan kerjasama ini berjalan baik sesuai dengan dengan kesepakatan dan aturan yg berlaku,” ujarnya.

FK UNAIR beberapa tahun terakhir aktif menjalin kolaborasi dengan universitas -universitas terbaik dunia. Ini menjadi upaya konkret untuk meningkatkan reputasi FK UNAIR di Internasional. Kolaborasi dengan universitas terbaik dunia juga memungkinkan adanya peningkatan ilmu pengetahuan, skill dan cakupan untuk mengabdikan diri ke masyarakat.

“Kami terus berupaya agar Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’S) dapat berjalan sebaik mungkin,” terang Dekan FK UNAIR, Prof Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG, Subps. F.E.R.

Program kolaborasi ini, lanjutnya tidak hanya menyasar untuk PPDS saja, namun juga untuk staf. Diharapkan dengan ini, akan lahir banyak riset kolaborasi antara UNAIR dan University of Verona.

Pertukaran residen ini akan diinisiasi oleh Departemen Rehabilitasi Medik, Departemen Obstetri dan Ginekologi, Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Olahraga( IKESOR) dan Departemen Ilmu Bedah Saraf
Prof. Budi Santoso : saya sangat mendukung program kolaborasi ini untuk lebih meningkatkan kolaborasi unair ditingkat internasional. Kami sepakat bahwa akan melakukan program kerjasama berupa student, resident dan staff exchange juga research collaboration antara UNAIR dan University of Verona.

“Sebelumnya Verona University sudah pernah mengirim resident Bedah Saraf selama 6 bulan di Surabaya. Dengan MoU ini akan lebih mempermudah pengembangan program di bidang yang lain,” tukasnya.
Penulis : Ismaul Choiriyah