September 7, 2023

Menyambut Perubahan dengan Bijak: Panduan Pubertas untuk Siswa SMP

Pubertas adalah fase yang signifikan dalam kehidupan remaja. Ini adalah saat ketika tubuh mengalami banyak perubahan yang menarik sekaligus menakutkan bagi sebagian besar remaja. Perubahan fisik termasuk pertumbuhan tinggi badan, perkembangan payudara pada perempuan, pertumbuhan testis pada laki-laki, perubahan kulit, dan pertumbuhan rambut di berbagai bagian tubuh. Selain perubahan fisik, pubertas juga melibatkan perubahan mental dan emosional. Remaja mungkin mengalami fluktuasi suasana hati, pertanyaan tentang identitas diri, serta peningkatan minat dalam relasi sosial. Pemahaman tentang semua perubahan ini adalah kunci untuk membantu siswa SMP menghadapi periode pubertas mereka dengan lebih baik.

Divisi Endokrinologi, Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr. SoetomoFK Unair memberikan edukasi tentang pubertas kepada siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman pada tanggal 1 September 2023. Kegiatan ini mencakup pemaparan materi yang disampaikan oleh dr. Khairunnisa, Sp.A, M.Biomed dan dr. Rayi Kurnia Perrwitasari, Sp.A, M.Ked.Klin, yang dibagi menjadi sesi khusus untuk siswa SMP perempuan dan laki-laki.

Ketika sesi pemaparan materi tentang pubertas, siswa terlihat sangat antusias. Mereka aktif mendengarkan dan menunjukkan ketertarikan. Saat sesi tanya jawab, beberapa siswa terlihat malu-malu dan membisikkan pertanyaan mereka “Misalkan datang bulannya tidak teratur bagaimana? Bulan ini muncul, bulan depan tidak, normal tidak?” tanya seorang siswi. “Kalau datang bulan warnanya tidak merah, tetapi cokelat dan sedikit bagaimana?” tanya siswi yang lainnya. Respons ini mencerminkan juga ada kecemasan atas apa yang terjadi pada dirinya.

“Pada satu, dua tahun pertama, memang menstruasi biasanya belum teratur. Jadi semisal itu terjadi di usia kalian ini, masih termasuk normal.” Jawab dr. Khairunnisa, Sp.A, M.Biomed. “Sedangkan untuk darah datang bulan berwarna cokelat itu termasuk normal, memang biasanya warnanya bukan warna merah terang.” Lanjutnya.

Selain edukasi, para siswa juga mengikuti pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman mereka tentang pubertas sebelum dan setelah pemaparan materi. Siswa juga diminta untuk melakukan pemeriksaan fisik mandiri melalui pengisian kuisioner yang telah disediakan.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan yang kuat tentang pubertas kepada siswa SMP. Pemahaman yang baik tentang tahapan dan perubahan yang terjadi selama pubertas akan membantu mereka menghadapi perubahan fisik dan emosional ini dengan lebih baik. Orang tua dan guru juga memiliki peran penting dalam memberikan dukungan selama masa pubertas ini.

Dengan pemahaman yang baik dan dukungan yang tepat, siswa SMP dapat menghadapi masa pubertas dengan percaya diri dan sehat secara fisik maupun mental. Masa pubertas adalah bagian alami dari pertumbuhan dan perkembangan, dan pemahaman yang baik tentang hal ini akan membantu siswa menjalani perjalanan ini dengan lebih baik.

Penulis: Calcarina Nira Pramesthi