Juni 13, 2022

Medication Tim : Delegasi Mahasiswa Universitas Airlangga Peraih Bronze Medal dalam International Science Project Competition (INTOC) 2022

Surabaya, Tim mahasiswa Universitas Airlangga menorehkan prestasi di ajang internasional. Lewat delegasi tim yang terdiri dari Sulthan Fathi Nur Alauddin (FST 19), Syadilla Rahmansyah (FKM 19), Ardelia Bertha Prastika (FK 19), Intan Fairuz Zakia (FK 20), Bernika Citra Dwi Prasetya (FISIP 21) Universitas Airlangga berhasil meraih peroleh medali perunggu (Bronze Medal) kategori Applied Life Sciences dalam kompetisi International Science Project Competition (INTOC) Global 2022 yang diadakan oleh The World Academy of Scientist, Bilkent University Turkey, Massachusetts Institute of Technology, American Association of Cereal Chemists, CMS at CERN, NASA FDL yang berasosiasi dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA)

INTOC 2022 merupakan kompetisi yang mempertemukan Scientist muda dari seluruh dunia untuk mempresentasikan ide dan gagasan mereka terkait science. Acara dilakukan secara hybrid yakni daring melalui video conference zoom meeting dan penyelenggara offline di Turki. INTOC 2022 berhasil mengumpulkan 1000+ applicants dari 30+ negara. Proses seleksi dimulai dengan  pengumpulan report yang berupa artikel berisikan gagasan atau inovasi, pembuatan video penjelasan dan poster kegiatan, Tim Universitas Airlangga berhasil masuk ke dalam 250 finalis yang berhak ke tahap selanjutnya dengan presentasi karya. Tim Universitas Airlangga mengangkat gagasan dengan menggabungkan sektor kesehatan (medical) dan pariwisata (tourism) dalam karya yang berjudul “MEDICATION: Application-Based Health and Tourism Services Packages To Restore The Indonesian Tourism Sector To Realize SDGs 2030”.

MEDICATION merupakan aplikasi yang mengintegrasikan antara kesehatan dan pariwisata. Aplikasi ini memuat fitur-fitur yang akan memudahkan pengguna dalam memilih pelayanan kesehatan dan pariwisata yang diinginkan. Adapun fitur-fitur dalam MEDICATION sendiri meliputi 4T package, emergency, covid-19 suspect, drugs rehabilitation, women care, testimonials, telehealth, alarm check up, your insurance, budgeting and financial, serta other products. Setiap fitur dalam MEDICATION memiliki keunggulan dan spesifikasi sendiri, salah satunya fitur women care. Dalam fitur ini para perempuan, khususnya para ibu hamil bisa memilih fasilitas kesehatan untuk pra kehamilan, saat melahirkan, dan pasca melahirkan. Selain fasilitas kesehatan, ibu atau calon ibu juga akan mendapatkan referensi pariwisata yang dapat dikunjungi dan aman bagi kesehatan diri.

MEDICATION tim berharap kedepannya dapat membawa ide-ide lain baik dalam tulisan maupun kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan mengharumkan nama almamater Universitas Airlangga.

MEDICATION dapat menjadi rekomendasi solusi bagi permasalahan mengenai kesehatan dan peningkatan sektor pariwisata di Indonesia.

“Kami mendapatkan banyak sekali pengalaman dalam proses perlombaan ini, terutama berkolaborasi dengan berbagai bidang ilmu terutama pelayanan kesehatan yang ternyata komprehensif dan hangat untuk dibahas” Ujar Sulthan Fathi selaku ketua tim Medication

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *