September 22, 2022

Mahfud MD: Pelantikan Dokter Spesialis Jadi Momentum Membangun Kesejahteraan Bangsa

Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) hadir dalam Pelantikan Dokter Spesialis 1 dan 2 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR), Kamis, 22 Agustus 2022.

Mahfud berharap, pelantikan dokter spesialis ini menjadi suatu momentum bagi seluruh Fakultas Kedokteran dan lulusannya, untuk terus mengabdikan diri, mencapai tujuan Negara Indonesia yakni membangun kesejahteraan rakyat.

“Tujuan negara Indonesia salah satunya membangun kesejahteraan umum. Kesejahteraan umum ini indikatornya tiga. Satu ekonomi cukup, dua Kesehatan bagus tiga pendidikan bagus. Kalau kesejahteraan bagus, maka Indonesia akan maju mencapai tujuan-tujuannya,” ujarnya.

Mahfud MD juga menyebut pentingnya pemerataan persebaran dokter spesialis. Karenanya ini menjadi bagian dari kebijakan pemerintah daerah dan kementerian Kesehatan.

Dekan FK UNAIR, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG(K) menambahkan, selain produksinya ditambah, permasalahan maldistribusi dokter di Indonesia juga harus didukung dengan regulasi dari pemerintah baik pusat maupun daerah.

“Di mana nanti pemerintah dalam negeri, pemprov dan pemda mengeluarkan sebuah aturan yang mendukung agar lulusan dokter dan dokter spesialis tidak bergerombol di kota-kota besar saja, tapi bisa menyebar ke seluruh Indonesia,” tambahnya.

Saat ini, peraturan yang berlaku adalah pemberdayaan dokter spesialis. Di mana dokter-dokter spesialis boleh ke daerah tertentu atau langsung bekerja di kota-kota besar, “Kebijakan yang kurang mendukung inilah yang perlu ditinjau agar persebaran dokter merata,” tukasnya. (ISM)