Februari 20, 2022

Mahasiswa Termuda FK UNAIR Bagikan Tips Jadi Calon Dokter

Menjadi mahasiswa kedokteran merupakan mimpi bagi banyak orang, tak terkecuali bagi Ainun Albarr Qolby Mecca atau yang akrab disapa Albar. Ia merupakan siswa dari SMA 2 Lamongan dimana pada tahun 2021 diterima sebagi mahasiswa kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga lewat jalur mandiri. Begitu cerita Ainun seperti disampaikan lewat Dokter UNAIR TV Februari lalu.

Anak kelahiran tahun 2005 ini, dinobatkan sebagai mahasiswa termuda di FK UNAIR oleh karena masuk kuliah saat ia masih berusia 16 tahun. Awal masuk SD Albar masih berumur 5 tahun. Hal ini ditunjang oleh IQ-nya yang cukup tinggi waktu itu. Pada jenjang SMP dan SMA, ia mengikuti program akselerasi sehingga hanya ditempuh dalam waktu 4 tahun. Menjadi mahasiswa termuda tidak membut Albar merasa minder karna ia sudah terbiasa sejak SD memiliki teman sepantaran yang lebih tua. Akan tetapi, hal ini menjadikan adanya perbedaan pengalaman antara Albar dan temannya, sehingga ia harus bisa beradaptasi.

Sejak dahulu Albar memiliki mindset bahwa belajar itu penting, karena tanpa belajar manusia tidak akan bisa apa-apa. Sejak SD, Albar sudah sering mengikuti berbagai ajang perlombaan di bidang akademik, seperti lomba International Mathematics and Science Olimpiad (IMSO). Saat ini, ia memiliki ketertarikan pada bidang ilmu anatomi dan kedepannya ingin mengikuti ajang perlombaan anatomi.

Dokter menjadi cita-cita Albar sejak kecil. Albar termotivasi dari keingininannya untuk bisa menolong orang lain. Menurut Albar, untuk menyelamatkan orang lain bukan hanya kebaikan yang dibutuhkan tetapi juga ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Terlebih lagi jika ia menjadi dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *