Mei 31, 2024

Mahasiswa Prodi S3 Doktor Ilmu Kedokteran Gelar Pengabdian Masyarakat Internasional untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia

Kuala Lumpur, Malaysia – Dua puluh tiga mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) TA 2023-2024 telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat internasional berkolaborasi dengan panitia LSM Sharing. Kegiatan tersebut berfokus pada edukasi dan pemeriksaan kesehatan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Latar belakang kegiatan ini tidak lepas dari tugas pokok perguruan tinggi yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen bersama mahasiswa sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat demi menciptakan masyarakat tangguh, mandiri, dan maju.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat internasional dengan tema “Empowering Immigrant Workers in Malaysia: A Multidisciplinary Capacity Building Approach & Medical Examination” bertempat di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) di bawah naungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia. Kegiatan tersebut telah diselenggarakan pada tanggal 23 – 27 Mei 2024 berupa edukasi, pemeriksaan kesehatan (skrining), dan konsultasi dokter spesialis penyakit dalam, mata, kebidanan dan kandungan, bedah saraf, bedah plastik, kulit dan kelamin, gigi dan mulut, patologi anatomi, rehabilitasi medik, mikrobiologi klinik, andrologi serta Ners dan Bidan. Kegiatan ini diprakarsai oleh Inda Corniawati, M.Keb. dengan bimbingan dari Dr. Reny I’tishom, M.Si.

Antusiasme PMI Mengikuti Kegiatan  Pemeriksaan Kesehatan

Sebanyak 113 PMI mendapat pemeriksaan kesehatan diawali dengan registrasi dan skrining meliputi anamnesis, pemeriksaan tanda vital, dan dilanjutkan pemeriksaan Kesehatan berdasarkan keluhan yang dirasakan oleh PMI. Setelah itu dilakukan pemeriksaan Kesehatan lanjutan di bilik 1, 2, 3.  Bilik 1 untuk pemeriksaan tajam penglihatan, dasar mata, kulit dan kelamin, serta gigi  dan mulut. Bilik 2 untuk pemeriksaan terkait penyakit dalam salah satunya adalah pemeriksaan gula darah dan kadar hemoglobin. Bilik 3 untuk pemeriksaan Kesehatan reproduksi meliputi pemeriksaan SADANIS (pemerikSAan payuDAra oleh teNaga medIS), mengajarkan kemandirian pasien untuk melakukan SADARI (pemerikSAan payuDAra sendiRI), memberikan edukasi program hamil pada pasangan suami istri serta dilakukan pemeriksaan hemoglobin pada pasien yang diduga anemia. Berdasarkan hasil pemeriksaan secara keseluruhan pekerja mendapatkan informasi dan edukasi terkait kondisi Kesehatannya.

Penyuluhan Kesehatan sebagai salah bentuk kegiatan mengoptimalkan keilmuan dan meningkatkan pemahaman peserta dalam menjalankan pola hidup sehat

Selain pemeriksaan Kesehatan secara individual, pekerja juga mendapatkan informasi Kesehatan  dengan harapan mampu menciptakan kesadaran, meningkatkan motivasi dan mengubah  sikap untuk menjalankan pola hidup sehat.  Topik yang dibahas antara lain “Hipertensi dan Diabetes,” “Penyakit Menular Seksual“, “Deteksi Dini Kanker (Serviks dan Payudara),” “Love Your Eyes at Work, Healthy Skin is Beautiful Skin,” dan “Penanganan Awal Kecelakaan Kerja.” Topik-topik ini dipilih berdasarkan kebutuhan spesifik PMI yang sering kali mengalami masalah kesehatan terkait pekerjaan mereka (promotif dan preventif). Mereka antusias mengikuti kegiatan dan berpartisipasi aktif dalam sesi tanya jawab. Untuk lebih meningkatkan kemandirian PMI mereka juga dibekali materi penyuluhan yang telah dikemas dalam e-booklet.

Di akhir kegiatan, mereka diberi kesempatan untuk memberikan pesan dan kesan tertulis. Sebagian besar menyambut baik, merasakan manfaatnya, serta berharap kegiatan ini berkelanjutan. Pengabdian Masyarakat internasional ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu sesuai bidang keahliannya serta mendapatkan pengalaman memberikan pelayanan Kesehatan para pekerja di luar negeri.

Ketua delegasi sekaligus pembimbing mahasiswa Dr. Reny I’tishom, M.Si. menerima cinderamata dari Dekan Fakultas Pembagunan Manusia (FPM) UPSI Dr. Abdul Talib Bin Mohamed Hashim

Selain melaksanakan pengabdian masyarakat internasional ini, mahasiswa mengikuti kegiatan Joint International Seminar 2024 di UPSI (Universiti Pendidikan Sultan Idris): dengan keynote speaker berasal dari United Kingdom (UK), Turki, Malaysia, dan Indonesia yang diwakili oleh Dr. Joni Haryanto, S.Kp., M.Si. dari Universitas Airlangga. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh peserta dari perguruan tinggi lainnya.(ic/as/sf/ksl)