November 22, 2023

Mahasiswa Kebidanan FK Unair Sabet 2 Kejuaraan dalam 2 Cabang Lomba Servix 2023

Prestasi datang dari Mahasiswa Kebidanan semester 5 angkatan 2021 Universitas Airlangga yang bernama Ira Nurwahyu Kusuma dan Aisyah Berliana Salsabila. Kedua mahasiswa tersebut membuat 2 karya untuk 2 cabang lomba dengan ketua tim yang berbeda. Ira sebagai ketua tim Esai dan Aisyah sebagai ketua tim Poster dengan dosen pembimbing Ibu Ratna Dwi Jayanti, S.Keb., Bd., M. Keb. Kompetisi tingkat Nasional ini bernama SERVIX (Scientific Midwifery Exhibition) di Universitas Brawijaya, Malang 18-19 November 2023.

Persiapan presentasi oleh tim sudah disiapkan dengan matang. Namun, H-1 hari presentasi musibah datang kepada Aisyah yang kabarnya saat ini masih dalam perawatan pasca kecelakaan. Namun, hal ini tidak membuat semangat Aisyah turun dan dia tetap bisa banyak berkontribusi dalam karya ini meskipun belum bisa hadir dalam presentasi lomba. Sebagai perwakilan tim, Ira mewakili tim tetap berangkat dan menampilkan presentasi terbaiknya di hadapan Dewan Juri.

Karya yang pertama diketuai oleh Ira Nurwahyu Kusuma dalam cabang lomba Esai Populer yang mengusung gagasan sebuah inovasi aplikasi. Aplikasi tersebut diberi nama “Sayang Ibu : Aplikasi Digital Berbasis Reminder Nutrisi Ibu”. Ide ini diambil berdasarkan kondisi saat ini yakni banyaknya kasus stunting yang sebenarnya masih bisa dicegah dengan adanya pemantauan nutrisi selama masa 1000 HPK demi membantu mewujudkan indikator SDGS. Oleh karena itu, muncul sebuah ide inovasi pembuatan aplikasi untuk memantau nutrisi Ibu yang berbasis reminder dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence. Inovasi ini sudah berbentuk prototipe yang bisa diujicobakan. Bahkan, demi mendukung pengembangan aplikasi ini tim Ira sudah melalui berbagai macam proses, mulai dari mengunjungi pihak SDGS center Universitas Airlangga di Kampus C hingga berbagai upaya yang mengarah ke pengembangan aplikasi.

Ira bersama Aisyah saat mengunjungi SDGS Center di Universitas Airlangga Kampus C

“Kami telah membuat prototipe aplikasi ini sedemikian rupa dengan bekerjasama melalui berbagai pihak sehingga terbentuk user interface yang tidak hanya berbentuk desain namun juga sudah bisa dijalankan sebagaimana aplikasi yang sudah jadi”, penjelasan Ira.

Saat presentasi, Ira mendapatkan urutan tampil terakhir. Dewan juri memberikan apresiasi kepada Ira sebagai penutup urutan presentasi Ira sudah menampilkan yang terbaik dan paling semangat di antara tim lainnya.

Karya yang kedua diketuai oleh Aisyah Berliana Salsabila, yakni dalam cabang Lomba Poster Publik yang berjudul “BERDAYAKAN: Sebagai Upaya Siapkan Masa Depan”. Karya ini berupa Poster yang berisi pesan akronim sebagaimana gambar berikut.

. Poster karya Aisyah Berliana bersama Ira

Pada Poster ini, menjelaskan sebuah optimisme bahwa dengan memberikan edukasi gizi yang baik kepada Ibu maka hal tersebut merupakan sebuah upaya dalam mempersiapkan masa depan anak. Dengan desain yang sangat menarik Aisyah Berliana bersama tim sudah mempersiapkannya dengan baik, mulai dari mencari literatur, membuat desain, hingga ke tahap implementasi.

“Kami yakin dengan adanya usaha yang maksimal, Man Jadda Wajada”, sebuah closing statement dari tim ini untuk memberi semangat agar mahasiswa saat ini sebagai pemuda dapat aktif melakukan sebuah kegiatan bermanfaat demi mendukung tercapainya SDGS.