Juli 6, 2022

Mahasiswa Kebidanan FK UNAIR Dampingi Masyarakat Kawasan Puskesmas Banyu Urip

Kebidanan komunitas merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai selama menjalani
pendidikan profesi bidan Universitas Airlangga Surabaya.

Dalam praktek komunitas tersebut, Program Studi Profesi Bidan FK UNAIR bekerjasama dengan Puskesmas Banyu Urip menerjunkan sekelompok mahasiswa yang terdiri dari 6 mahasiswa untuk melakukan pengorganisasian sebuah puskesmas dan mengelola sebuah wilayah binaan.

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa benar- benar mengetahui permasalahan yang nyata ada di masyarakat. Serta memahami cara pengelolaan wilayah terkait permasalahan Kematian Ibu dan Anak (KIA).

Kegiatan berlangsung selama 2 minggu mulai tanggal 27 desember 2021 hingga 8 januari 2022. Di wilayah kerja puskesmas Banyu Urip. Tepatnya di RT 3 RW 3 Kelurahan Kupang Krajan, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya.

Pengkajian Data Bersama Para Kader Kesehatan

Rangkaian kegiatan dimulai dari pengkajian data yang dilakukan dengan cara wawancara dan diskusi dengan tokoh-tokoh penting di wilayah binaan yang memiliki data-data warga di wilayah tersebut.

Setelah mendapatkan beberapa masalah, ditentukan masalah yang menjadi prioritas. Penentuan masalah prioritas dilakukan bersama perwakilan ketua RT, kader kesehatan, tokoh masyarakat dan perwakilan unsur masyarakat seperti remaja dan lansia melalui Musyawarah Masyarakat RT (MMRT).

“Dari Hasil MMRT disepakati pula kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut diantaranya Penyuluhan KB kepada PUS dan WUS, serta pelatihan pengisian buku KIA,” papar Euvanggelia Dwilda Ferdinandus,S.Keb.,Bd.,M.Kes.

Selain itu, program yang dijalani diantaranya juga diisi dengan pemeriksaan SDIDTK untuk kader kesehatan, pemeriksaan IVA dan PAP Smear untuk mendeteksi kanker serviks.

Tak hanya itu saja, juga ada berbagai penyuluhan. Diantaranya penyuluhan ASI eksklusif, penyuluhan Lansia, dan penyuluhan mengenai kesehatan remaja, HIV dan NAPZA.

“Semua kegiatan merupakan salah satu peran aktif Prodi Kebidanan FK Unair dalam SDGs 3 yaitu good health and wellbeing” tukasnya. (Euvanggelia Dwilda Ferdinandus/ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *