Juli 27, 2023

Mahasiswa Bidan FK Unair bersama Puskesmas Manukan Kulon Melakukan Inisiasi posyandu remaja dengan menentukan kader remaja

Kegiatan pembentukan kader posyandu remaja ini dilakukan pada pertemuan remaja pada hari sabtu, tanggal 25 Maret 2023. kegiatan ini diadakan bersamaan dengan buka bersama dengan Perangkat RW, kader, karang taruna dan didampingi oleh puskesmas dan Dosen Pembimbing Profesi Kebidanan FK UNAIR. Buka bersama merupakan strategi untuk meningkatkan motivasi remaja untuk berkumpul menghadiri acara yang kebetulan bertepatan dengan bulan Ramadhan yang mewajibkan warga beragama muslim yang merupakan mayoritas agama warga di wilayah binaan untuk berpuasa.

Hasil dari kegiatan ini telah diperoleh beberapa calon kader posyandu remaja yang telah dipilih saat acara berlangsung. Kegiatan ini diikuti oleh ∓ 37 remaja dan ∓ 15 Karang Taruna Kelurahan Manukan Kulon. Pada akhir acara peserta diminta untuk mengisi post-test dan diberikan doorprize bagi peserta yang mendapatkan nilai tertinggi (Gambar 5). Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan meriah karena banyaknya antusias dari para tamu maupun peserta.

Pertemuan remaja ini menghasilkan 10 kader remaja terpilih yang berasal dari tujuh RT yang ada di RW 02. Pemilihan tersebut dengan mempertimbangkan keaktifan selama acara diskusi, rekomendasi sebaya, dan keterwakilan dari ketujuh RT yang dimiliki RW 02, serta tentunya dengan kesediaan remaja terkait untuk menanggung tanggung jawab sebagai kader remaja dan sepengetahuan dan persetujuan perangkat desa meliputi bapak RW 02 dan karang taruna desa. Pertemuan diakhiri dengan koordinasi masing-masing remaja terpilih dengan penanggung jawab remaja puskesmas.

Penulis: Wahyul Anis dan Evanggelia Dwilda Ferdinandus