Oktober 3, 2023

Lulus Dokter Dapat Gelar Master dari University of Manchester, FK UNAIR Tawarkan Program Intercalated Degree

FK UNAIR punya program baru yang memungkinkan dokter lulusan baru bisa menyandang gelar master dari University of Manchester, Inggris. Program ini dinamai dengan Intercalated Degree.

Intercalated degree merupakan program baru yang bisa diambil oleh Sarjana Kedokteran (S.Ked) untuk melanjutkan studi master di University of Manchester selama satu tahun.

“Jika S.Ked pada umumnya langsung mengambil putaran Dokter Muda (DM), untuk yang mengambil Intercalated degree ini mereka akan pending masa DMnya untuk menuntaskan studi master di Manchester selama satu tahun. Setelah lulus, baru akan meneruskan putaran DM,” terang Dekan FK UNAIR, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG, Subsp.F.E.R, Jumat, 29 September lalu.

Untuk membahas pelaksanaaannya, pekan lalu rombongan dekan beserta wakilnya bertolak ke Inggris untuk berdiskusi dan melakukan perjanjian kerjasama (MoA) dengan dekan Fakultas Kedokteran University of Manchester, Prof Graham Lord.

Dekan menyebut, ini merupakan sesuatu yang baru dari FK UNAIR. Setelah sebelumnya FK UNAIR membuat program double degree dengan beberapa kampus luar negeri.

“Saya kira, mudah-mudahan ini juga pertama di Indonesia. Sepertinya yang lain juga banyak yang melirik program ini tapi yang jalan baru kita,” tambah dekan.

Melalui program Intercalated degree ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas lulusan dokter dari FK UNAIR. Program ini tentunya akan menguntungkan lulusan, apalagi program ini bekerjasama dengan universitas yang memiliki posisi cukup kuat.

Adapun nantinya, mahasiswa bisa memilih satu diantara sepuluh program master yang ditawarkan. Mahasiswa diharapkan menyelesaikan studi dalam kurun waktu satu tahun.

Karena padatnya masa studi, FK UNAIR pun memberikan persyaratan khusus bagi mahasiswa yang ingin mengambil program ini. Seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik, kemampuan Bahasa inggris yang baik dibuktikan dengan hasil tes IELTS serta tentunya finansial.

Pendaftaran untuk program ini sudah dibuka tahun ini dan akan mulai berjalan di tahun depan. Saat ini FK UNAIR masih memberikan sosialisasi dan mendata mahasiswa yang berminat untuk mengikuti program.

“Di awal kami akan buka kuota antara 10-15 orang. Nantinya mereka akan menyebar ke 10 prodi master yang ada,” tambah Wakil Dekan 3, Dr. Sulistiawati, dr., Mkes.

Program intercalated degree ini terbuka bagi mahasiswa kelas internasional maupun kelas regular. (ISM)